WIBOWO, Mohamad Ari and RAHARDJO, Susilo Toto,(28 January 2021), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (27kB)
Download (27kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (173kB)
Download (173kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh dari factor-faktor yang
mempengaruhi Keunggulan bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada UMKM
Batik di Kota Semarang). Data yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM
Kota Semarang mencatat jumlah UMKM batik di Kota Semarang hanya 30.
Permasalahan tersebut menjadi masalah yang cukup serius karena menurunya
jumlah UMKM Batik dan omzet setiap tahunya, oleh karena itu akan di teliti lebih
lanjut.
Dengan Menggunakan Eksplanatory Mix Method Research Tujuan
dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel
Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Intellectual Capital, Inovasi Produk dan
Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis. Penelitian ini menggunakan
sampel semua pemilik UMKM Batik di Kota Semarang. Metode purposive
sampling digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengumpulan data,
penentuan jumlah sampel adalah 30 dan 30 form kuesioner terkumpul dari
responden serta dengan teknik wawancara dilakukan kepada 5 Pemilik UMKM
Batik di Kota Semarang. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data
yang telah diperoleh adalah dengan teknik Structural Equation Mode partial least
square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi AMOS.
Hipotesis pada penelitian ini. H1: Orientasi Kewirausahaan berpengaruh
positif terhadap Keunggulan Bersaing . H2: Orientasi Pasar berpengaruh positif
terhadap Keunggulan Bersaing . H3: Intellectual Capital berpengaruh positif
terhadap Keunggulan Bersaing. H4: Inovasi Produk tidak berpengaruh positif
terhadap Keunggulan Bersaing. H5: Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh
positif terhadap Kinerja Bisnis. H6: Orientasi Pasar tidak berpengaruh positif
Kinerja Bisnis. H7 : Intellectual Capital tidak berpengaruh positif terhadap
Kinerja Bisnis. H8 :Inovasi Produk tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja
Bisnis. H9 : Keunggulan Bersaing berpengaruh positif terhadap Kinerja Bisni
Keywords : | Entrepreneurship Orientation, Market Orientation, Intellectual Capital, Product Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Intellectual Capital, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ari Wibowo |
Date Deposited: | 25 May 2021 03:03 |
Last Modified: | 25 May 2021 03:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8583 |