ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang)

WIBOWO, Mohamad Ari and RAHARDJO, Susilo Toto,(28 January 2021), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi pada UMKM Batik di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai pengaruh dari factor-faktor yang mempengaruhi Keunggulan bersaing terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada UMKM Batik di Kota Semarang). Data yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang mencatat jumlah UMKM batik di Kota Semarang hanya 30. Permasalahan tersebut menjadi masalah yang cukup serius karena menurunya jumlah UMKM Batik dan omzet setiap tahunya, oleh karena itu akan di teliti lebih lanjut. Dengan Menggunakan Eksplanatory Mix Method Research Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari variabel Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Intellectual Capital, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis. Penelitian ini menggunakan sampel semua pemilik UMKM Batik di Kota Semarang. Metode purposive sampling digunakan dalam penelitian ini sebagai metode pengumpulan data, penentuan jumlah sampel adalah 30 dan 30 form kuesioner terkumpul dari responden serta dengan teknik wawancara dilakukan kepada 5 Pemilik UMKM Batik di Kota Semarang. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh adalah dengan teknik Structural Equation Mode partial least square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Hipotesis pada penelitian ini. H1: Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing . H2: Orientasi Pasar berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing . H3: Intellectual Capital berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing. H4: Inovasi Produk tidak berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing. H5: Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Bisnis. H6: Orientasi Pasar tidak berpengaruh positif Kinerja Bisnis. H7 : Intellectual Capital tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Bisnis. H8 :Inovasi Produk tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Bisnis. H9 : Keunggulan Bersaing berpengaruh positif terhadap Kinerja Bisni
Keywords : Entrepreneurship Orientation, Market Orientation, Intellectual Capital, Product Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Intellectual Capital, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ari Wibowo
Date Deposited: 25 May 2021 03:03
Last Modified: 25 May 2021 03:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item
View Item