APRILIANI, Yessica Paramitha and RAHARDJO, Susilo Toto and SUTOPO, Sutopo,(14 March 2013), ANALISIS PERSEPSI KUALITAS TERHADAP SIKAP ATAS MEREK DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (280kB)
Download (280kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (59kB)
Download (59kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (576kB)
Download (576kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (306kB)
Download (306kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (456kB)
Download (456kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Banyaknya merek-merek teh celup yang beredar dipasaran menunjukkan bahwa tingkat persaingan
teh celup semakin ketat. Konsekuensi dari persaingan tersebut adalah timbulnya pergeseran volume
penjualan dari produk teh merek tertentu dipasaran karena kalah bersaing dengan merek-merek teh
lainnya. Kondisi tersebut salah satunya dialami oleh teh celup Merek Bandulan asal Kota Pekalongan yang
dapat dilihat dari volume penjualan yang terus menurun mulai tahun 2010 yaitu menjadi 15206 bungkus
teh celup dari penjualan tahun sebelumnya 15600 bungkus, kemudian penurunan kembali terjadi pada
tahun 2011 menjadi 13317 bungkus, dan kembali sedikit meningkat pada tahun 2012 menjadi 14950
bungkus, namun demikian tetap saja peningkatan tersebut belum dapat memulihkan kondisi penjualan
seperti tahun 2009. Dari latar belakang masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk
menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap sikap atas merek, dan 2) Untuk menganalisis pengaruh
sikap atas merek terhadap loyalitas konsumen Untuk kepentingan tersebut sampel yang digunakan oleh
peneliti adalah 100 orang responden yang merupakan konsumen teh celup merek Bandulan yang
berdominsili di wilayah Kota Pekalongan. Kemudian untuk menjawab tujuan penelitian ini maka data hasil
pengisian kuesioner penelitian dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dan
linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan, 1) Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap sikap atas
merek, dibuktikan angka probabilitas signifikansi= 0,000 < 0,05, 2) Sikap atas merek berpengaruh positif
terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan angka probabilitas signifikansi= 0,002 < 0,05.
Rekomendasi yang diberikan sesuai hasil penelitian ini adalah 1) Memperbaiki kebijakan dari
pengemasan yang dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga mesin agar kemasan produk lebih
rapi dan seragam, serta lebih mampu berfungsi optimal sebagai pelindung produk, selain memberikan
kesan/image positif pada produk tersebut, 2) Menambah alat promosi publisitas (publicity) untuk
membentuk opini masyarakat secara tepat sehingga konsumen menjadi lebih tahu, dan menyenangi
produk teh celup bandulan.
Keywords : | Keywords: Perception of Quality, Top of Brand Attitudes, Customer Loyality., Kata Kunci : Persepsi Kualitas, Sikap Atas Merek, Loyalitas Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 06:52 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 06:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8684 |