ANALISIS PERSEPSI KUALITAS TERHADAP SIKAP ATAS MEREK DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN

APRILIANI, Yessica Paramitha and RAHARDJO, Susilo Toto and SUTOPO, Sutopo,(14 March 2013), ANALISIS PERSEPSI KUALITAS TERHADAP SIKAP ATAS MEREK DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (280kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (576kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (306kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (456kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya merek-merek teh celup yang beredar dipasaran menunjukkan bahwa tingkat persaingan teh celup semakin ketat. Konsekuensi dari persaingan tersebut adalah timbulnya pergeseran volume penjualan dari produk teh merek tertentu dipasaran karena kalah bersaing dengan merek-merek teh lainnya. Kondisi tersebut salah satunya dialami oleh teh celup Merek Bandulan asal Kota Pekalongan yang dapat dilihat dari volume penjualan yang terus menurun mulai tahun 2010 yaitu menjadi 15206 bungkus teh celup dari penjualan tahun sebelumnya 15600 bungkus, kemudian penurunan kembali terjadi pada tahun 2011 menjadi 13317 bungkus, dan kembali sedikit meningkat pada tahun 2012 menjadi 14950 bungkus, namun demikian tetap saja peningkatan tersebut belum dapat memulihkan kondisi penjualan seperti tahun 2009. Dari latar belakang masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap sikap atas merek, dan 2) Untuk menganalisis pengaruh sikap atas merek terhadap loyalitas konsumen Untuk kepentingan tersebut sampel yang digunakan oleh peneliti adalah 100 orang responden yang merupakan konsumen teh celup merek Bandulan yang berdominsili di wilayah Kota Pekalongan. Kemudian untuk menjawab tujuan penelitian ini maka data hasil pengisian kuesioner penelitian dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana dan linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan, 1) Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap sikap atas merek, dibuktikan angka probabilitas signifikansi= 0,000 < 0,05, 2) Sikap atas merek berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, dibuktikan angka probabilitas signifikansi= 0,002 < 0,05. Rekomendasi yang diberikan sesuai hasil penelitian ini adalah 1) Memperbaiki kebijakan dari pengemasan yang dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga mesin agar kemasan produk lebih rapi dan seragam, serta lebih mampu berfungsi optimal sebagai pelindung produk, selain memberikan kesan/image positif pada produk tersebut, 2) Menambah alat promosi publisitas (publicity) untuk membentuk opini masyarakat secara tepat sehingga konsumen menjadi lebih tahu, dan menyenangi produk teh celup bandulan.
Keywords : Keywords: Perception of Quality, Top of Brand Attitudes, Customer Loyality., Kata Kunci : Persepsi Kualitas, Sikap Atas Merek, Loyalitas Konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:52
Last Modified: 02 Jun 2021 06:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8684

Actions (login required)

View Item
View Item