YUNIAR, Esti and JASTUTI, Indi and RAHARDJA, Edy,(29 April 2015), TELAAH SISTEM PENILAIAN KINERJA SIMKPNAS DI PLN (Studi pada Pegawai PT PLN (Persero) Area Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (201kB)
Download (201kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (94kB)
Download (94kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (88kB)
Download (88kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kesesuaian
implementasi penilaian kinerja SIMKPNAS pada PT. PLN (Persero) Area
Semarang. Dari penilitian ini diharapkan karyawan dapat menyampaikan
kekurangan yang dirasakan dari penilaian kinerja yang ada saat ini dan
menyampaikan sistem penilaian kinerja yang diinginkan. Tujuan lainnya agar
manajemen dapat memperoleh informasi mengenai kelemahan sistem yang sudah
dilaksanakan selama dan mendapat rekomendasi perbaikan dalam pelaksanaan
penilaian kinerja.
Partisipan dalam penelitian ini adalah 11 orang karyawan PT. PLN
(Persero) Area Semarang, yang terdiri dari 6 pejabat struktural dan 5 staf fungsional
di kantor area dan di kantor rayon. Kesebelas partisipan tersebut mewakili semua
jabatan struktural dan staf yang ada di PT. PLN (Persero) Area Semarang. metode
penilitian ini adalah kualitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah teknik
triangulasi dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh karyawan PT. PLN
(Persero) Area Semarang memahami pengertian dan tahapan dari SIMKPNAS.
Dalam hal implemetasi, pemberian informasi dirasa sudah cukup jelas, akan tetapi
komunikasi antara atasan dan bawahan masih kurang. Beberapa fungsi dalam
SIMKPNAS juga belum efektif, diantaranya fungsi pelampiran bukti dan entry PDP
lain. Adanya peer asessment yaitu penyesuaian nilai berdasarkan kuota nilai sesuai
Nilai Kinerja Organisasi membuat sebagian besar pegawai belum puas dan merasa
pelaksanaan penilaian kinerja SIMKPNAS belum optimal. Diharapkan setiap
pejabat struktural dapat mengerti benar apa yang dikerjakan oleh bawahannya agar
dapat menilai dengan lebih spesifik sehingga tidak banyak penyesuaian nilai yang
perlu dilakukan.
Keywords : | Performance Appraisal, Employee Performance, Penilaian Kinerja, Kinerja Karyawan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 01:57 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 01:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8846 |