TELAAH SISTEM PENILAIAN KINERJA SIMKPNAS DI PLN (Studi pada Pegawai PT PLN (Persero) Area Semarang)

YUNIAR, Esti and JASTUTI, Indi and RAHARDJA, Edy,(29 April 2015), TELAAH SISTEM PENILAIAN KINERJA SIMKPNAS DI PLN (Studi pada Pegawai PT PLN (Persero) Area Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kesesuaian implementasi penilaian kinerja SIMKPNAS pada PT. PLN (Persero) Area Semarang. Dari penilitian ini diharapkan karyawan dapat menyampaikan kekurangan yang dirasakan dari penilaian kinerja yang ada saat ini dan menyampaikan sistem penilaian kinerja yang diinginkan. Tujuan lainnya agar manajemen dapat memperoleh informasi mengenai kelemahan sistem yang sudah dilaksanakan selama dan mendapat rekomendasi perbaikan dalam pelaksanaan penilaian kinerja. Partisipan dalam penelitian ini adalah 11 orang karyawan PT. PLN (Persero) Area Semarang, yang terdiri dari 6 pejabat struktural dan 5 staf fungsional di kantor area dan di kantor rayon. Kesebelas partisipan tersebut mewakili semua jabatan struktural dan staf yang ada di PT. PLN (Persero) Area Semarang. metode penilitian ini adalah kualitatif dengan alat analisis yang digunakan adalah teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh karyawan PT. PLN (Persero) Area Semarang memahami pengertian dan tahapan dari SIMKPNAS. Dalam hal implemetasi, pemberian informasi dirasa sudah cukup jelas, akan tetapi komunikasi antara atasan dan bawahan masih kurang. Beberapa fungsi dalam SIMKPNAS juga belum efektif, diantaranya fungsi pelampiran bukti dan entry PDP lain. Adanya peer asessment yaitu penyesuaian nilai berdasarkan kuota nilai sesuai Nilai Kinerja Organisasi membuat sebagian besar pegawai belum puas dan merasa pelaksanaan penilaian kinerja SIMKPNAS belum optimal. Diharapkan setiap pejabat struktural dapat mengerti benar apa yang dikerjakan oleh bawahannya agar dapat menilai dengan lebih spesifik sehingga tidak banyak penyesuaian nilai yang perlu dilakukan.
Keywords : Performance Appraisal, Employee Performance, Penilaian Kinerja, Kinerja Karyawan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 22 Jul 2021 01:57
Last Modified: 22 Jul 2021 01:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item
View Item