SUHARI, Suhari and RAHARDJO, Daryono and SUGIARTO, PH,SU.,(29 August 2008), PENGARUH PENERAPAN PERTAMINA WAY TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN LOYALITAS (STUDI KASUS PADA SPBU 44.591.14 PATI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (102kB)
Download (102kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (174kB)
Download (174kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (64kB)
Download (64kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (67kB)
Download (67kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (286kB)
Download (286kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada saat SPBU 44.591.14 Pati belum melaksanakan Pertamina Way,
kualitas pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan harapan pelanggan,
terbukti banyaknya keluhan dari pelanggan yang masuk dalam hal takaran BBM,
mutu/kualitas BBM, pelayanan karyawan (terutama operator) kepada pelanggan
dan kebersihan serta kelengkapan fasilitas. Hal tersebut mencerminkan rasa tidak
puas sebagian pelanggan dan tentu saja memberikan kemungkinan pelanggan
berpindah ke SPBU lain (tidak loyal). Penelitian ini menganalisis dan menguji
variabel-variabel yang terdiri dari tangible, reliability, assurance, responsiveness
dan emphaty, relationship, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Proses analisis dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Statistik deskriptif menghasilkan indeks persepsi dan interpretasi
pelanggan yaitu tangible dengan tingkat sedang, reliability (sedang), assurance
(sedang), responsiveness (sedang), emphaty (tinggi), relationship (tinggi),
kepuasan pelanggan (sedang), loyalitas pelanggan (sedang). Statistik inferensial
digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dalam statistik inferensial,
untuk menguji model digunakan pengujian Goodness of Fit Test dan Uji Pengaruh
(Regression Weight) dengan alat analisis SEM (Structural Equation Modelling)
yang dijalankan dengan software AMOS (Analysis of Moment Structures) rilis
16.. Hasil indeks goodnes of fit menunjukkan bahwa model penelitian dapat
diterima.
Hasil pengujian terhadap 7 (tujuh) hipotesis membuktikan bahwa :
Semakin tinggi kualitas wujud pelayanan (tangible), keandalan (reliability),
kepastian (assurance), cepat tanggap (responsiveness), emphaty (emphaty) maka
semakin tinggi kepuasan pelanggan ; Semakin tinggi kepuasan pelanggan maka
semakin tinggi loyalitas pelanggan ; Semakin tinggi kualitas relationship maka
semakin tinggi loyalitas pelanggan.
Keywords : | Keywords : tangible, reliability, assurance, responsiveness, customer satisfaction, relationship, customer loyalty., Kata kunci : tangible, reliability, assurance, responsiveness, kepuasan pelanggan, relationship, loyalitas pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 06:58 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 06:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8872 |