RISWONO, Haliman Tjahyadhi and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and SUTOPO, Sutopo,(30 June 2009), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CITRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP WORD OF MOUTH PADA JASA PENDIDIKAN (Studi pada STIE Widya Manggala Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (9kB)
Download (9kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (293kB)
Download (293kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (965kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (965kB) | Request a copy
Abstract
Pembelian produk jasa mengandung resiko yang relatif lebih besar daripada produk fisik
yang bisa dievaluasi sebelum membeli, karakter intangible yaitu tidak dapat diindera sebelum
dibeli merupakan ciri khas dari produk jasa. Demikian juga dengan jasa pendidikan yang tidak
dapat dievaluasi sebelum dibeli sehingga sulit diperkirakan resiko-resiko yang akan ditanggung
seperti resiko finansial, waktu, psikologis (merasa tidak nyaman secara emosional), fungsional dan
sosial Oleh karena itu, maka calon mahasiswa akan mencari informasi lebih lengkap melalui
image suatu perguruan tinggi maupun melalui opinion leader atau word of mouth
Penelitian ini dilakukan di STIE Widya Manggala Semarang dimana dari data ditemukan
bahwa citra STIE Widya Manggala belum bagus di mata masyarakat. Penelitian ini mencoba
untuk menganalisis hubungan antara variabel kualitas pelayanan dan biaya pendidikan terhadap
variabel citra dan kaitannya terhadap peningkatan word of mouth. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada 115 mahasiswa STIE
Widya Manggala Semarang.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Structural Equation
Model (SEM) dari software AMOS 7.0. Hasil penelian ini menunjukkan bahwa hubungan
kausalitas antar variabel-variabel yang mempengaruhi dengan kriteria Goodness of Fit yaitu chi
square =( 89,104); probability = (0.388); GFI = (0.908); AGFI = (0.871); CFI = (0.996); TLI =
(0.995); RMSEA = (0.018); CMIN/DF = (1.036). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa variabel kualitas pelayanan dan biaya pendidikan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap citra, sedangkan variabel citra berpengaruh positif terhadap variabel word of mouth..
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan citra yang dapat
mempengaruhi word of mouth, maka STIE Widya Manggala perlu memperhatikan faktor-faktor
yang mempengaruhi citra, seperti kualitas pelayanan dan biaya pendidikan Karena dengan
mengetahui pengaruh hubungan tersebut dapat dijadikan acuan untuk merancang strategi guna
peningkatkan citra dan word of mouth.
Keywords : | Key words: Service Quality, Educational Fee, Image, and Word of Mouth., Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Biaya Pendidikan, Citra dan Word Of Mout |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 08:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 08:12 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8909 |