AL FARIZI, Musyafa and ZULAIKHA, Zulaikha and SUDARNO, Sudarno,(5 April 2017), MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN UNTUK MENGUKUR KESUKSESAN SISTEM MODERNISASI PERPAJAKAN E-BILLING (Studi Kesuksesan Sistem E-Billing Menurut Wajib Pajak Badan Di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sistem E-Billing merupakan sistem yang menerbitkan kode billing untuk pembayaran atau penyetoran penerimaan negara dalam sektor pajak secara elektronik, tanpa perlu membuat Surat Setoran Pajak (SSP) manual yang digunakan e-billing Direktorat Jenderal Pajak. Penelitian ini bertujuan menganalisis Kesuksesan Sistem Informasi Sistem E-Billing dengan pendekatan model DeLone dan McLean. Penelitian ini dianggap penting karena sistem pembayaran pajak yang baik menurut wajib pajak akan berdampak pada bertambahnya penerimaan negara pada sektor pajak.
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah wajib pajak badan yang terdaftar di kantor DISPERINDAG Kota Semarang sejumlah 838 perusahaan. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dalam pengumpulan data dengan rumus slovin tingkat error 5% diperoleh 271 sampel perusahaan. Data yang dapat diolah sebanyak 122 perusahaan dengan teknik analisis yang digunakan untuk menguji hubungan antar variabel adalah path analysis dan alat analisis Amos 22.0.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Sistem E-Billing. Kualitas informasi dari Sistem E-Billing yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak sedangkan kualitas sistem dan kualitas layanan tidak. Selain itu penggunaan Sistem E-Billing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Serta terdapat hubungan timbal balik antara kepuasan dan manfaat yang diterima wajib pajak, sedangkan antara penggunaan Sistem E-Billing dan manfaat yang diterima wajib pajak tidak terdapat hubungan timbal balik.
Keywords : | Information system Success Model DeLone and McLean, E-Billing, quality of information, quality systems, quality of service, the use of E-Billing System, Satisfaction Of Taxpayer, benefit of Taxpayers, Path Analysis and Amos 22.0., Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean, Sistem E-Billing, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kualitas Layanan, Penggunaan Sistem E-Billing, Kepuasaan Wajib Pajak, Manfaat yang Diterima Wajib Pajak, Path Analysis dan Amos 22.0. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 05:07 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 05:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9502 |