CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE AS A CUSTOMER SATISFACTION AND RETENTION STRATEGY IN THE CHAIN RESTAURANT SECTOR

AUGUSTINE, Ong Teenya and GHOZALI, Imam,(30 June 2021), CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE AS A CUSTOMER SATISFACTION AND RETENTION STRATEGY IN THE CHAIN RESTAURANT SECTOR. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

CSR merupakan suatu konsep yang komprehensif, meliputi kegiatan perusahaan yang akuntabel secara sosial, daya tanggap sosialnya, dan upaya kondusifnya yang pada akhirnya bermanfaat bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran yang tepat dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam metode retensi pelanggan dengan mempertimbangkan dampak mediasi dari sikap merek, kualitas layanan, dan kepuasan pelanggan sedangkan bekerja dampak moderasi dari cinta merek di industri rantai restoran. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online yang terdiri dari 27 item pernyataan dengan skala Likert lima poin. Besar sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah 225 orang di Indonesia yang merupakan konsumen restoran di Indonesia. Data penelitian ini diolah menggunakan alat analisis smartPLS 3.2.9 dan metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yaitu model persamaan dengan pendekatan berbasis varians atau pemodelan persamaan struktural berbasis komponen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR ekonomi, etika dan filantropi merupakan faktor penting untuk meningkatkan sikap merek dan kualitas layanan. Menariknya, hubungan tersebut di atas membantu meningkatkan retensi pelanggan. Hasil penelitian kami juga menunjukkan bahwa cinta merek berpengaruh tidak langsung dalam memoderasi dampak pada hubungan antara sikap dan retensi pelanggan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam dan wawasan berharga kepada industri rantai restoran tentang strategi tanggung jawab sosial perusahaan dari perusahaan rantai restoran, dan menunjukkan bahwa tindakan tanggung jawab sosial perusahaan tertentu berdampak pada sikap merek pelanggan dan retensi pelanggan.
Keywords : chain restaurant, corporate social responsibility (CSR), customer retention, brand attitude, service quality, customer satisfaction, brand love, rantai restoran, tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), retensi pelanggan, sikap merek, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, cinta merek brand
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ong Teenya Augustine
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:08
Last Modified: 04 Nov 2021 03:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9513

Actions (login required)

View Item
View Item