SANTOSO, Fitri Dhiastuti and FERDINAND, Augusty Tae and SULISTYIARINI, Utami Tri,(March 2010), STUDI TENTANG LOYALITAS MEREK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Rambut merupakan mahkota wanita yang paling berharga. Menyadari hal
tersebut, banyak industri shampo saling berlomba untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan para konsumennya dengan menghasilkan produk shampo yang
dibutuhkan dan diinginkan bagi rambut konsumen. Namun, shampo merupakan
produk yang termasuk dalam kategori nondurable goods. Sehingga produsen
harus melakukan strategi pemasaran tertentu untuk meningkatkan preferensi
merek agar tercapai loyalitas merek pada konsumen. Sunsilk merupakan merek
shampo yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia. Dalam memasarkan
Sunsilk, PT Unilever Indonesia melakukan beberapa cara, antara lain
mengiklankannya dengan gencar terutama melalui media televisi serta
menggunakan bintang atau artis terkenal sebagai bintang iklannya, mengganti
bentuk botol, menambah jumlah variasi jenis shampo dan ukuran kemasan serta
penggantian logo. Upaya – upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan
preferensi merek dan kemudian menjadi loyal terhadap Sunsilk.
Penelitian ini mengajukan 7 hipotesis, yaitu: Iklan fokus merek berpengaruh
terhadap kesadaran merek (hipotesis 1); Daya tarik bintang iklan berpengaruh
terhadap kesadaran merek (hipotesis 2); Inovasi desain produk berpengaruh
terhadap asosiasi merek (hipotesis 3); Daya tarik desain kemasan berpengaruh
terhadap asosiasi merek (hipotesis 4); Kesadaran merek berpengaruh terhadap
preferensi merek (hipotesis 5); Asosiasi merek berpengaruh terhadap preferensi
merek (hipotesis 6) dan Preferensi merek berpengaruh terhadap loyalitas merek
(hipotesis 7).
Sampel penelitian ini adalah para wanita yang tinggal di Semarang, pernah
melihat iklan Sunsilk versi ”Ariel Peter Pan” dan menggunakan Sunsilk. Jumlah
responden adalah 167 responden. Teknik analisis data menggunakan SEM
(Structural Equation Model) dari paket software AMOS 16. Model penelitian
yang diajukan dapat diterima dengan asumsi nilai dari Standardized Residual
Covariance tidak ada yang melebihi ± 2,58 dan nilai Determinant of Covariance
Matrix 81,741. Pengukuran terhadap konstruk eksogen dan endogen di uji
menggunakan analisis konfirmatori dan uji kelayakan full model dianalisis
menggunakan SEM dimana nilai dari Goodness of Fit Chi square = 274,835;
probabilitas = 0,55; GFI = 0,874; AGFI = 0,842; CFI = 0,986; TLI = 0,984;
RMSEA = 0,030; CMIN / DF = 1,150. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa model yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian,
loyalitas merek Sunsilk dapat dicapai dengan meningkatkan preferensi merek
melalui kesadaran merek dan asosiasi merek
Keywords : | Kata kunci : Kesadaran Merek, Asoisiasi Merek, Preferensi Merek, Loyalitas Merek, Key words : Brand awareness, Brand Association, Brand Preference, Brand Loyalty |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 08:28 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 08:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9631 |