A COMMUNICATION PLAN TO THE PUBLIC WORKS AND HOUSING OFFICES IN INDONESIA: A CASE OF PT DRAINBLOCK INDONESIA

BELLA, Elisse Claudea and MAHFUDZ, Mahfudz,(8 July 2021), A COMMUNICATION PLAN TO THE PUBLIC WORKS AND HOUSING OFFICES IN INDONESIA: A CASE OF PT DRAINBLOCK INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (568kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (522kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Laporan akhir ini ditulis sebagai hasil dari kerja sama dengan Drainblock, sebuah perusahaan konstruksi dari Belanda yang memiliki keahlian dalam memberikan solusi untuk masalah pengelolaan air, khususnya banjir. Laporan ini menyajikan rencana komunikasi pemasaran yang dikembangkan dengan seksama untuk membantu Drainblock mengembangkan bisnisnya di pasar Indonesia dengan sukses. Dalam pengembangannya, rencana ini memiliki fokus adalah untuk menciptakan pendekatan yang efektif terhadap klien pemerintah, yaitu Dinas PUPR di daerah perkotaan di Indonesia. Rencana pemasaran ini dapat bermanfaat bagi perusahaan dalam jangka panjang karena mencakup beberapa aspek penting seperti proses keputusan pembelian yang dilakukan Dinas PUPR, Unit Pengambilan Keputusan, persona dari pelanggan ideal Drainblock di Indonesia, serta rekomendasi bagaimana Drainblock dapat mengoptimalkan strategi komunikasi pemasarannya untuk bisa sukses mendapat klien baru di Indonesia. Wawancara semi terstruktur dilakukan dengan 4 informan dari Dinas PUPR, kemudian hasilnya dianalisis dengan menggunakan pengkodean secara deduktif. Hasil wawancara kemudian dikembangkan menjadi lima fase Proses Jual & Beli, dimana Drainblock dan Dinas PUPR terlibat dalam kegiatan jual-beli yang kompleks untuk mencapai kesepakatan dalam bentuk persetujuan konstruksi. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa strategy komunikasi pemasaran yang paling efektif untuk Drainblock adalah surat langsung, pengoptimalan konten situs web, pertemuan tatap muka, dan presentasi penjualan. Namun, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tingkat keberhasilan Secara signifikan, yaitu harga produk konstruksi, kualitas, keunggulan nilai, serta contoh pelaksanaan proyek perusahaan yang sudah berhasil di Indonesia.
Keywords : marketing communication, B2B marketing, buying decision process, komunikasi pemasaran, pemasaran B2B, proses keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: claudea bella
Date Deposited: 09 Dec 2021 04:11
Last Modified: 09 Dec 2021 04:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9704

Actions (login required)

View Item
View Item