ANALISIS PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN ONLINE CONSUMER RATING DENGAN TRUST SEBAGAI INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Studi Pada Masyarakat Kota Semarang)

PERKASA, Arya Pandhu and SOESANTO, Harry,(29 November 2021), ANALISIS PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN ONLINE CONSUMER RATING DENGAN TRUST SEBAGAI INTERVENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA (Studi Pada Masyarakat Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (257kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (799kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (279kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang pesat telah menunjang aktivitas ekonomi manusia, termasuk berbelanja yang awalnya offline menjadi online melalui platform marketplace, salah satu contohnya yaitu Tokopedia. Perkembangan internet telah memungkinkan seseorang atau suatu kelompok untuk secara bebas menggali informasi tentang produk atau merek melalui suatu fitur yaitu ulasan konsumen secara daring dan penilaian konsumen secara daring, yang juga merupakan salah satu bentuk dari electronic word of mouth yang dapat berpengaruh terhadap persepsi kepercayaan seseorang dan membantu menentukan keputusan pembelianya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh review konsumen online, penilaian atau rating online dan kepercayaan pelanggan sebagai mediasi terhadap keputusan pembelian dalam Tokopedia. Studi dilakukan untuk warga Kota Semarang dan diperuntukkan bagi pengguna tokopedia atau yang pernah bertransaksi di Tokopedia ataupun yang pernah menggunakan atau mengamati review online dan rating onlinenya. Besar sampel untuk penelitian ini yakni 100 responden. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksplanatif, serta menggunakan metode kuantitatif dan analisis inferensial, kemudian pengumpulan datanya melalui survei kuisioner, metode pengambilan sampel penelitian ini adalah non-probabilitas dengan teknik purposive. Alat analisis penelitian yang digunakan yaitu CB Structural Equation Modeling (SEM) dengan software IBM AMOS 24. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa online consumer review, online consumer rating, dan gabungan online consumer review & online consumer rating memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap trust, dan kepercayaan berpengaruh positif secara signifikan pada keputusan pembelian. Variabel yang memiliki pengaruh terkuat terhadap keputusan pembelian ialah kepercayaan.
Keywords : online consumer review, online consumer rating, trust , purchase decision, Electronic word-of-mouth (eWOM)., ulasan konsumen daring, penilaian konsumen daring, trust (kepercayaan), keputusan pembelian, Electronic word-of-mouth (eWOM).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: arya pandhu perkasa
Date Deposited: 14 Dec 2021 09:12
Last Modified: 14 Feb 2022 07:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item
View Item