SUBAGIO, Dinda Indira and JANUARTI, Indira,(23 December 2021), PENGARUH MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERATING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (105kB)
Download (105kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (178kB)
Download (178kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (187kB)
Download (187kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (93kB)
Download (93kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (472kB)
Download (472kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk mengetahui kemampuan modal
intelektual dalam mempengaruhi nilai perusahaan pada sektor consumer goods
industry periode 2018 – 2020 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini
juga bertujuan untuk menyelidiki peran dari manajemen laba sebagai variabel
moderasi dalam hubungan modal intelektual terhadap nilai perusahaan.
Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer goods industry
periode 2018 – 2020 sebanyak 56 perusahaan per tahun. Sampel dalam penelitian
yang sesuai dengan kriteria purposive sampling berjumlah 51 perusahaan per tahun.
Jumlah data yang diobservasi sebanyak 153. Data penelitian merupakan data panel
yang terdiri dari data cross section dan data time series. Analisis data dilakukan
berdasarkan teknik regresi data panel menggunakan alat analisis statistika berupa
Eviews11. Modified Value-Added Intellectual Coefficient (MVAIC) digunakan
untuk mengukur modal intelektual, Tobin’s Q (TBQ) untuk nilai perusahaan dan
manajemen laba diukur menggunakan Discretionary Accrual (DAC).
Berdasarkan hasil pengujian regresi data panel membuktikan bahwa modal
intelektual memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian
ini mengindikasi bahwa manajemen laba mampu memoderasi hubungan pengaruh
modal intelektual terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa
kinerja modal intelektual (human capital, structural capital, dan relational capital)
yang baik akan mampu meningkatkan nilai perusahaan. Praktik manajemen laba
sendiri akan memperlemah atau menurunkan pengaruh positif (peningkatan) dari
modal intelektual terhadap nilai perusahaan.
Keywords : | intellectual capital; firm value; earnings management; consumer goods industry sector, modal intelektual; nilai perusahaan; manajemen laba; sektor consumer goods industry |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | dinda indira subagio |
Date Deposited: | 31 Dec 2021 01:14 |
Last Modified: | 31 Dec 2021 01:14 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9894 |