ANALISIS DETERMINAN PENAWARAN TEMBAKAU (STUDI KASUS: FENOMENA PATRON-KLIEN ANTARA PETANI TEMBAKAU DAN TENGKULAK DI DESA KATEKAN, KECAMATAN NGADIREJO, TEMANGGUNG)

AROFAH, Siti Nur and SETIAWAN, Achma Hendra,(7 January 2022), ANALISIS DETERMINAN PENAWARAN TEMBAKAU (STUDI KASUS: FENOMENA PATRON-KLIEN ANTARA PETANI TEMBAKAU DAN TENGKULAK DI DESA KATEKAN, KECAMATAN NGADIREJO, TEMANGGUNG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi fenomena patron-klien pada pola hubungan petani tembakau dan tengkulak dari segi pemasaran, utang piutang, dan kepercayaan, (2) mengidentifikasi pengaruh variabel harga, biaya konsumsi rumah tangga, luas lahan, biaya produksi, dan keterikatan petani terhadap penawaran tembakau ke tengkulak di Desa Katekan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 847 petani tembakau. Sampel yang digunakan sebanyakk 93 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data yang di gunakan berupa data primer berdasarkan kuesioner dan indept interview. Analisis penelitian menggunakan metode regresi linier berganda (OLS) variabel dummy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90,5 % penawaran tembakau ke tengkulak di Desa Katekan dipengaruhi oleh harga, biaya konsumsi rumah tangga, luas lahan, biaya produksi dan variabel dummy keterikatan. Variabel independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penawaran tembakau ke tengkulak, namun secara individu variabel harga tidak berpengaruh signifikan karena para petani memiliki keterikatan yang tinggi terkait kegiatan utang piutang baik untuk biaya konsumsi dan biaya produksi, yang menjadikan bergaining power rendah sehingga pasrah terhadap berapapun harga yang ditetapkan oleh tengkulak.
Keywords : Tobacco Supply, Patron-Client, Price, Attachment, Penawaran Tembakau, Patron- Klien, Harga, Keterikatan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: SITI NUR AROFAH
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:01
Last Modified: 07 Jan 2022 09:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10033

Actions (login required)

View Item
View Item