FADILATA, Vannisa and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(7 January 2022), PENGARUH PRICE DISCOUNT, SALES PROMOTION, DAN SERVICE QUALITY TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR SAAT PANDEMI COVID-19 PADA KONSUMEN INDOMARET KELURAHAN TEMBALANG KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (50kB)
Download (50kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia telah menimbulkan pergeseran perilaku pembelian konsumen, pada awalnya konsumen mampu mengendalikan emosinya dalam melakukan pembelian, namun dengan adanya pandemi covid-19 konsumen cenderung merasakan kekhawatiran yang berlebih sehingga menimbulkan perilaku pembelian impulsif. Perilaku impulse buying terjadi karena adanya rangsangan dari toko atau ritel yang menawarkan barang yang menarik sehingga mengakibatkan adanya dorongan untuk membeli lebih banyak. Dengan adanya hal tersebut, masyarakat dinilai lebih konsumtif dan impulsif ketika melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh price discount, sales promotion, dan service quality terhadap impulse buying behavior pada konsumen Indomaret di Kelurahan Tembalang selama masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini mengguanakan sampel sebanyak 120 responden yang pernah melakukan pembelian impulsif di Indomaret Kelurahan Tembalang selama masa pandemi Covid-19. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Analisis yang digunakan merupakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan alat analisis SPSS 25.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior dengan nilai t = 3,881 > 1,981 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior dengan nilai nilai t = 4,348 > 1,981 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior dengan nilai t = 3,277 > 1,981 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05.
Kata Kunci: price discount, sales promotion, service quality, impulse buying behavior.
Keywords : | price discount, sales promotion, service quality, impulse buying behavior, potongan harga, promosi penjualan, kualitas pelayanan, perilaku pembelian impulsif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Vannisa Fadilata |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 08:11 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 08:11 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10035 |