PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TUJUAN, KARAKTERISTIK, DAN PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI SYARIAH (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Di Karesidenan Pati)

MULYANI, Sri and ROHMAN, Abdul and RAHARDJA, Rahardja,(3 September 2010), PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP TUJUAN, KARAKTERISTIK, DAN PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI SYARIAH (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Di Karesidenan Pati). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (48kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi yang sudah menempuh mata kuliah akuntansi syariah dengan mahasiswa akuntansi yang belum menempuh mata kuliah akuntansi syariah tentang karakteristik aktivitas bisnis syariah, tujuan akuntansi syariah, karakteristik akuntansi syariah dan pengguna informasi akuntansi syariah. Objek penelitian adalah mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi karesidenan Pati. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik purposive sampling di dalam pengumpulan data. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 144 di Universitas Muria Kudus dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdatul Ulama (STIENU). 118 responden (81,94%) yang terdiri dari 54 orang mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah akuntansi syariah dan 64 orang mahasiswa yang belum menempuh mata kuliah akuntansi syariah telah memberikan jawaban. Analisis data dilakukan dengan Independent Sample Test dengan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan antara mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah akuntansi syariah dengan mahasiswa yang belum menempuh mata kuliah akuntansi syariah terhadap karakteristik aktivitas bisnis syariah, tujuan akuntansi syariah, karakteristik akuntansi syariah dan pengguna informasi akuntansi syariah.
Keywords : Accounting students perception, objective syari’ah accounting, characteristics syari’ah accounting, users syari’ah accounting, Persepsi mahasiswa akuntansi, karakteristik bisnis syariah, tujuan akuntansi syariah, karakteristik akuntansi syariah, users akuntansi syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:34
Last Modified: 13 Jan 2022 02:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

View Item
View Item