SAHARA, Adinda Luthfi and AGUNGGUNANTO, Edy Yusuf,(10 December 2021), KEPUTUSAN PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (44kB)
Download (44kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (102kB)
Download (102kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Label halal dinilai memiliki peluang yang menjanjikan dengan semakin berkembangnya kesadaran konsumen dalam mengkonsumsi produk halal. Tidak hanya dibidang makanan, produk berlabel halal kini juga merambah ke bidang pariwisata, fashion, bahkan produk kosmetik dan kecantikan. Penggunaan label halal pada suatu produk dinilai dapat memberikan ketenangan bagi konsumen baik secara lahir maupun batin. Hal ini mempengaruhi tingkat permintaan konsumen terhadap produk, baik itu barang atau jasa untuk dikonsumsi. Peluang bisnis inilah yang dirasa dapat mempengaruhi banyaknya produsen mulai menciptakan barang dan jasa berlabel halal untuk memenuhi permintaan pasar.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seorang pengusaha dalam mencantumkan label halal pada bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan alat analisis menggunakan Super Decision versi 3.2. Metode analisis ini dipilih untuk mengetahui faktor terkuat yang dapat mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah di kota Semarang. Data kualitatif diperoleh dengan melakukan sesi wawancara singkat dan penyebaran kuesioner kepada 5 salon muslimah sebagai responden dalam penelitian ini. Dari proses analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah yang telah diurutkan ialah Religiusitas (57,9%), Brand Image (14,4%), Halal Lifestyle (14,3%), Motif Ekonomi (13,4%).
Keywords : | Decision, Halal label, Muslimah Salon., Keputusan, Label Halal, Salon Muslimah. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Adinda Luthfi Sahara |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:34 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:34 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10086 |