KEPUTUSAN PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA SEMARANG

SAHARA, Adinda Luthfi and AGUNGGUNANTO, Edy Yusuf,(10 December 2021), KEPUTUSAN PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA SALON MUSLIMAH DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Label halal dinilai memiliki peluang yang menjanjikan dengan semakin berkembangnya kesadaran konsumen dalam mengkonsumsi produk halal. Tidak hanya dibidang makanan, produk berlabel halal kini juga merambah ke bidang pariwisata, fashion, bahkan produk kosmetik dan kecantikan. Penggunaan label halal pada suatu produk dinilai dapat memberikan ketenangan bagi konsumen baik secara lahir maupun batin. Hal ini mempengaruhi tingkat permintaan konsumen terhadap produk, baik itu barang atau jasa untuk dikonsumsi. Peluang bisnis inilah yang dirasa dapat mempengaruhi banyaknya produsen mulai menciptakan barang dan jasa berlabel halal untuk memenuhi permintaan pasar. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seorang pengusaha dalam mencantumkan label halal pada bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan alat analisis menggunakan Super Decision versi 3.2. Metode analisis ini dipilih untuk mengetahui faktor terkuat yang dapat mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah di kota Semarang. Data kualitatif diperoleh dengan melakukan sesi wawancara singkat dan penyebaran kuesioner kepada 5 salon muslimah sebagai responden dalam penelitian ini. Dari proses analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah yang telah diurutkan ialah Religiusitas (57,9%), Brand Image (14,4%), Halal Lifestyle (14,3%), Motif Ekonomi (13,4%).
Keywords : Decision, Halal label, Muslimah Salon., Keputusan, Label Halal, Salon Muslimah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Adinda Luthfi Sahara
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:34
Last Modified: 17 Jan 2022 07:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item
View Item