SURAHMAN, Septiansyah and YUNIAWAN, Ahyar,(September 2019), ANALISIS PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP RETENSI KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV dan PT Telekomunikasi Selular Regional Jawa Tengah & DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (240kB)
Download (240kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (185kB)
Download (185kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (438kB)
Download (438kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perusahaan saat ini sangat mendepankan kinerja dan produktivitas yang
baik untuk mencapai keunggulan bersaing. Namun hal penting yang terkadang
diabaikan oleh perusahaan adalah bagaimana mempertahankan karyawan yang
dimiliki atau retensi karyawan. Padahal di satu sisi karyawan merupakan aset
penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Internal marketing sebagai
pengelolaan karyawan dengan menganggapnya sebagai internal customer memiliki
peran strategis dalam mempertahankan karyawan, sekaligus membangun kepuasan
kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh internal marketing terhadap retensi karyawan melalui kepuasan kerja dan
komitmen organisasi sebagai variabel intervening.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural
Equation Modeling, yang diestimasi dengan program AMOS 23. Penelitian
dilakukan pada karywan tetap Telkom Indonesia Regional IV dan Telkomsel
Regional Jateng & DIY. Penelitian ini melibatkan 116 responden yang diambil
secara acak melalui teknik simple random sampling.
Kesimpulan hasil penelitan ini menunjukkan adanya pegaruh positif dan
signifikan antara internal marketing terhadap kepuasan kerja. Kemudian internal
marketing terhadap komitmen organisasi, internal marketing terhadap retensi
karyawan, dan komitmen organisasi terhadap retensi karyawan juga berpengaruh
positif dan signifikan, sedangkan hubungan kepuasan kerja terhadap retensi
karyawan karyawan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan.
Keywords : | Internal Marketing, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Employee Retention, Internal Marketing, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Retensi Karyawan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 02:39 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 02:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10125 |