ANALISIS PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP RETENSI KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV dan PT Telekomunikasi Selular Regional Jawa Tengah & DIY)

SURAHMAN, Septiansyah and YUNIAWAN, Ahyar,(September 2019), ANALISIS PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP RETENSI KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia Regional IV dan PT Telekomunikasi Selular Regional Jawa Tengah & DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (240kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (438kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan saat ini sangat mendepankan kinerja dan produktivitas yang baik untuk mencapai keunggulan bersaing. Namun hal penting yang terkadang diabaikan oleh perusahaan adalah bagaimana mempertahankan karyawan yang dimiliki atau retensi karyawan. Padahal di satu sisi karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuannya. Internal marketing sebagai pengelolaan karyawan dengan menganggapnya sebagai internal customer memiliki peran strategis dalam mempertahankan karyawan, sekaligus membangun kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh internal marketing terhadap retensi karyawan melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling, yang diestimasi dengan program AMOS 23. Penelitian dilakukan pada karywan tetap Telkom Indonesia Regional IV dan Telkomsel Regional Jateng & DIY. Penelitian ini melibatkan 116 responden yang diambil secara acak melalui teknik simple random sampling. Kesimpulan hasil penelitan ini menunjukkan adanya pegaruh positif dan signifikan antara internal marketing terhadap kepuasan kerja. Kemudian internal marketing terhadap komitmen organisasi, internal marketing terhadap retensi karyawan, dan komitmen organisasi terhadap retensi karyawan juga berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan hubungan kepuasan kerja terhadap retensi karyawan karyawan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan.
Keywords : Internal Marketing, Job Satisfaction, Organizational Commitment, Employee Retention, Internal Marketing, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Retensi Karyawan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:39
Last Modified: 25 Jan 2022 02:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10125

Actions (login required)

View Item
View Item