ANALISIS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN SOCIAL PERFORMANCE INDICATORS PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

PUTRI, Widya Arga and DARWANTO, Darwanto,(29 December 2021), ANALISIS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN SOCIAL PERFORMANCE INDICATORS PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengungkapan CSR perbankan syariah periode 2018-2020 dengan menggunakan indeks Social Performance Indicators (SPI). Penelitian ini menggunakan Model pengungkapan CSR yang dikembangkan oleh Luthfi Hamidi yang merupakan kombinasi dari beberapa teori dan literatur terdahulu. Indeks SPI hadir sebagai pengungkapan CSR dengan kerangka kerja yang lebih luas daripada penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan data analysis dengan metode kualitatif yang dikombinasikan dengan sistem pembobotan dan pemeringkatan dengan skala RDAP. Data penelitian berupa data sekunder berupa laporan tahunan yang dihimpun melalui website resmi masing-masing perbankan. Sampel penelitian ini terdiri dari Bank Aceh Syariah, Bank NTB Syariah, Bank Mega Syariah, BTPN Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa sebagian besar perbankan mendapatkan peringkat proaktif dalam rentan skor 61%-100% dengan urutan tertinggi BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Aceh syariah, BTPN Syariah, Bank NTB Syariah dan BCA Syariah. Sedangkan bank Mega Syariah mendapat peringkat Akomodatif dengan skor 55%. Dimensi tata kelola perusahaan adalah dimensi yang paling banyak di ungkapkan sedangkan dimensi klien adalah dimensi yang paling sedikit di ungkapkan.
Keywords : CSR, SPI, Disclosure, Ranking, CSR, SPI, Pengungkapan, Pemeringkatan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Widya Arga Putri
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:21
Last Modified: 26 Jan 2022 01:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10131

Actions (login required)

View Item
View Item