SAPUTRI, Fanny Setiyo and RAHARDJO, Susilo Toto,(January 2020), ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN TOKO, VARIASI PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, DAN TENAGA LAYANAN PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA ALFAMART H825 SEMARANG, JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (156kB)
Download (156kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (145kB)
Download (145kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (146kB)
Download (146kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (199kB)
Download (199kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (285kB)
Download (285kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Kepuasan konsumen penting untuk diteliti karena mencangkup penilaian konsumen
terhadap kualitas yang diberikan perusahaan dalam melayani kebutuhan konsumen.
Kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel dependen yang dipengaruhi oleh
variabel independen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lingkungan
fisik, variasi produk, promosi penjualan, dan layanan tenaga penjualan. Penelitian
ini bertujuan untuk meneliti pengaruh lingkungan fisik, variasi produk, tenaga
penjualan, dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Jl.
Tirto Agung, Banyumanik, Semarang.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei terhadap pelanggan alfamart
di Jl. Tirto Agung, Banyumanik, Semarang, menggunakan kuesioner yang diukur
menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini berjumlah 105
responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang
melakukan pembelian minimal 2 kali dalam satu bulan. Penelitian ini dianalisis
menggunakan regresi berganda yang dibantu menggunakan aplikasi spss versi 20.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel variasi produk
berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. sebesar 0,019.
Variabel layanan tenaga penjualan berpengaruh positif terhadap kepuasan
pelanggan dengan nilai sig. sebesar 0,000. Sedangkan variabel lingkungan fisik dan
variabel promosi penjualan berpengaruh tidak berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan dengan nilai sig sebesar 0,279 dan 0,232.
Keywords : | customer satisfaction, store environment, assortment, laborer, and sales promotion, Kepuasan pelanggan, lingkungan fisik, variasi produk, promosi penjualan, dan pelayanan tenaga penjualan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 03:51 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 03:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10174 |