ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN TOKO, VARIASI PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, DAN TENAGA LAYANAN PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA ALFAMART H825 SEMARANG, JAWA TENGAH)

SAPUTRI, Fanny Setiyo and RAHARDJO, Susilo Toto,(January 2020), ANALISIS PENGARUH LINGKUNGAN TOKO, VARIASI PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, DAN TENAGA LAYANAN PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA ALFAMART H825 SEMARANG, JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (156kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (145kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (285kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan konsumen penting untuk diteliti karena mencangkup penilaian konsumen terhadap kualitas yang diberikan perusahaan dalam melayani kebutuhan konsumen. Kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel dependen yang dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel independen dalam penelitian ini adalah lingkungan fisik, variasi produk, promosi penjualan, dan layanan tenaga penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh lingkungan fisik, variasi produk, tenaga penjualan, dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan di Alfamart Jl. Tirto Agung, Banyumanik, Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei terhadap pelanggan alfamart di Jl. Tirto Agung, Banyumanik, Semarang, menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Responden dalam penelitian ini berjumlah 105 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian minimal 2 kali dalam satu bulan. Penelitian ini dianalisis menggunakan regresi berganda yang dibantu menggunakan aplikasi spss versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel variasi produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. sebesar 0,019. Variabel layanan tenaga penjualan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig. sebesar 0,000. Sedangkan variabel lingkungan fisik dan variabel promosi penjualan berpengaruh tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai sig sebesar 0,279 dan 0,232.
Keywords : customer satisfaction, store environment, assortment, laborer, and sales promotion, Kepuasan pelanggan, lingkungan fisik, variasi produk, promosi penjualan, dan pelayanan tenaga penjualan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:51
Last Modified: 03 Feb 2022 03:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10174

Actions (login required)

View Item
View Item