STUDY TENTANG PEMANFAATAN BIG DATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK DI KOTA SEMARANG

FITRIAWAN, Ragil and SOESANTO, Harry,(January 2020), STUDY TENTANG PEMANFAATAN BIG DATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (334kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi online merupakan salah satu inovasi teknologi yang mempermudah manusia dalam melakukan kegiatannya untuk mencapai efisiensi dan efektivitas. Gojek merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan transportasi online di Indonesia. Salah satu penerapa inovasi teknologi yang digunakan Gojek untuk memahami keinginan dan kebutuhan konsumen adalah big data. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari penggunaan big data terhadap loyalitas pelanggan gojek yang berada di kota semarang. Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat kota semarang yang telah menggunakan aplikasi gojek lebih dari satu kali. Jumlah sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak 150 responden. Dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner dan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat analisis AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, big data berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan diketahui bahwa kepuasan pelanggan terbukti memediasi hubungan antara perilaku konsumen, big data, kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords : Consumer Behavior, Big Data, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty., Perilaku Konsumen, Big Data, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:45
Last Modified: 04 Feb 2022 03:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item
View Item