FITRIAWAN, Ragil and SOESANTO, Harry,(January 2020), STUDY TENTANG PEMANFAATAN BIG DATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (149kB)
Download (149kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (334kB)
Download (334kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (252kB)
Download (252kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Transportasi online merupakan salah satu inovasi teknologi yang
mempermudah manusia dalam melakukan kegiatannya untuk mencapai efisiensi
dan efektivitas. Gojek merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan
transportasi online di Indonesia. Salah satu penerapa inovasi teknologi yang
digunakan Gojek untuk memahami keinginan dan kebutuhan konsumen adalah big
data. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari penggunaan big data
terhadap loyalitas pelanggan gojek yang berada di kota semarang.
Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat kota semarang yang telah
menggunakan aplikasi gojek lebih dari satu kali. Jumlah sampel dalam penelitian
ini yakni sebanyak 150 responden. Dengan metode pengumpulan data melalui
kuesioner dan metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non
probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan
menggunakan alat analisis AMOS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, big data berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan diketahui bahwa kepuasan
pelanggan terbukti memediasi hubungan antara perilaku konsumen, big data,
kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan.
Keywords : | Consumer Behavior, Big Data, Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty., Perilaku Konsumen, Big Data, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:45 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:45 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10184 |