GUNAWAN, Alberta Cindy Christalanina and FERDINAND, Augusty Tae,(February 2020), ANALISIS PENGARUH DESTINATION SERVICE QUALITY TERHADAP DESTINATION LOYALTY DENGAN DESTINATION IMAGE DAN SELF - CONGRUITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Wisatawan Objek Wisata Warisan Budaya, Kota Semarang, Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (9MB) | Request a copy
Abstract
Keunikan Kota Semarang terlihat dari berbagai jenis objek wisata yang
dapat ditemui wisatawan saat berkunjung ke Kota Semarang, khususnya pada
wisata warisan budaya (cultural heritage). Namun, dalam kurun waktu beberapa
tahun terakhir, Kota Semarang sebagai salah satu ibukota provinsi masih kurang
kompetitif dibandingkan destinasi wisata lain. Terlihat dari tingkat kunjungan
wisatawan yang masih lebih rendah dibandingkan ibukota provinsi lain di Jawa.
Hal ini diikuti dengan jumlah pertumbuhan jumlah wisatawan ke Kota Semarang
yang tidak dibarengi dengan pertumbuhan pendapatan yang diterima; meskipun
strategi peningkatan kualitas layanan dan loyalitas oleh Dinas Pariwisata sudah
dilakukan. Selain fenomena tersebut, didapati pula adanya temuan dari beberapa
penelitian terdahulu dengan hasil yang kontradiktif antara kualitas layanan dan
loyalitas. Berawal dari fenomena dan kesenjangan penelitian tersebut, tujuan
penelitian ini adalah membangun sebuah model penelitian empirik untuk
mengatasi kesenjangan antara kualitas layanan destinasi dan loyalitas destinasi
untuk menghasilkan wisatawan loyal terhadap destinasi warisan budaya Kota
Semarang, melalui konsep citra destinasi dan kongruitas diri.
Pertama, model kerangka pemikiran dikembangkan antara kualitas layanan
tujuan, citra tujuan, kongruitas diri dan loyalitas tujuan berdasarkan teori dan
penelitian sebelumnya. Kedua, data didapatkan dari 125 responden dengan
memberikan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup.
Responden adalah wisatawan domestik yang pernah mengunjungi destinasi wisata
warisan budaya di Kota Semarang sebelumnya. Ketiga, data yang diperoleh
dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural
Equation Modeling (SEM) menggunakan program Analysis Moment of Structural
(AMOS) 24.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa citra tujuan dan kongruitas diri
memperkuat hubungan antara kualitas layanan tujuan dan loyalitas tujuan secara
signifikan dan positif. Kualitas layanan destinasi berpengaruh signifikan dan
positif terhadap citra destinasi, citra destinasi berpengaruh signifikan dan positif
terhadap kongruitas diri, dan kongruitas diri berpengaruh signifikan dan positif
terhadap loyalitas destinasi. Di sisi lain ditemukan bahwa gambar tujuan tidak
signifikan dan memiliki efek negatif pada loyalitas tujuan. Implikasi manajerial
penelitian ini dapat menjadi pertimbangan Dinas Pariwisata saat akan membuat
kebijakan di destinasi warisan budaya Kota Semarang.
Keywords : | Destination Service Quality, Destination Image, Self-Congruity, Destination Loyalty., Kualitas Layanan Destinasi, Citra Destinasi, Kongruitas Diri, Loyalitas Destinasi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 01:36 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 01:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10196 |