PENGARUH PENGUNGKAPAN RISIKO DAN INVESTOR ATTENTION TERHADAP INITIAL RETURN (Studi Empiris pada Perusahaan yang IPO di BEI Periode 2011-2018)

HANDAYANI, Puspita and HANDAYANI, Rr. Sri,(July 2019), PENGARUH PENGUNGKAPAN RISIKO DAN INVESTOR ATTENTION TERHADAP INITIAL RETURN (Studi Empiris pada Perusahaan yang IPO di BEI Periode 2011-2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (504kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (279kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (469kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (303kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Initial return merupakan keuntungan yang diperoleh pemegang saham karena terjadi selisih harga saham yang dibeli di pasar perdana lebih kecil dibandingkan dengan harga jual saham pada saat dipasar sekunder. Secara teori hanya ada dua kasus penyebab IPO mengalami initial return yang tinggi, yaitu (1) harga penawaran IPO terlalu rendah, menunjukkan bahwa ada underpricing di pasar primer dan; (2) harga penutupan hari pertama terlalu tinggi, menunjukkan bahwa ada penilaian berlebihan di pasar sekunder. Fenomena gap menunjukkan bahwa harga saham perusahaan di Indonesia pada saat IPO sering tidak mencerminkan harga saham sesungguhnya atau disebut misprice. Tujuan penelitian yaitu mengkaji dan menganalisis pengaruh pengungkapan risiko internal, pengungkapan risiko eksternal, pengungkapan risiko investasi dan investor attention terhadap initial return. Metode penelitian menggunakan kausalitas, data yang digunakan sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, dengan cara memperoleh data yang berasal dari Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id), Bloomberg, Yahoo Finance serta Google Trends. Populasi adalah perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2011- 2018 dengan jumlah 224 perusahaan, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 210 perusahaan. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian antara lain, yaitu tidak terdapat pengaruh pengungkapan risiko internal, pengungkapan risiko eksternal dan pengungkapan risiko investasi terhadap initial return, terdapat pengaruh signifikan positif investor attention terhadap initial return serta secara simultan seluruh variabel independen yang diuji berpengaruh positif terhadap initial return. Hasil koefisien determinasi model penelitian sebesar 13,8%. Saran penelitian selanjutnya yaitu menambah variabel independen serta jika mungkin variabel intervening dan moderating dalam penelitian initial return.
Keywords : Risk Disclosure, Investor Attention and Initial Return., Pengungkapan Risiko, Investor Attention dan Initial Return.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 17 Feb 2022 08:45
Last Modified: 17 Feb 2022 08:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10257

Actions (login required)

View Item
View Item