PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN KARIER, DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP RETENSI KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan Tetap PT. BPR Restu Artha Makmur Kota Semarang)

NURMALITASARI, Safira and ANDRIYANI, Andriyani,(15 June 2021), PENGARUH PELATIHAN, PENGEMBANGAN KARIER, DAN WORK LIFE BALANCE TERHADAP RETENSI KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan Tetap PT. BPR Restu Artha Makmur Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan, pengembangan karier, dan work life balance terhadap retensi karyawan dengan kepuasan kerja sebagai pemediasi. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen, satu variabel dependenm dan satu variabel mediasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja tugas dan kinerja kontekstual. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pelatihan, pengembangan karier, dan work life balance. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah retensi karyawan. Variabel pemediasi dalam penelitian ini adalah kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap Bank Perkreditan Rakyat Restu Artha Makmur di Kota Semarang. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang berjumlah 90 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program SMART PLS 3.3.3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelatihan terhadap retensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan. Pengembangan karier terhadap retensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan. Work life balance terhadap retensi karyawan berpengaruh positif dan signifikan. Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan dalam memediasi hubungan pelatihan terhadap retensi karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan pengembangan karier terhadap retensi karyawan. Kepuasan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan work life balance terhadap retensi karyawan. Penelitian ini juga menunjukkan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan.
Keywords : training, career development, work life balance, job satisfaction, employee retention, pelatihan, pengembangan karier, work life balance, kepuasan kerja, retensi karyawan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Safira Nurmalitasari
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:41
Last Modified: 18 Feb 2022 03:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10260

Actions (login required)

View Item
View Item