ANALISIS DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA TAHUN 2014-2019

HIDAYAT, Santi and WOYANTI, Nenik,(9 December 2021), ANALISIS DETERMINAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA TAHUN 2014-2019. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (234kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Boorkmarks] Text (Fulltext PDF Boorkmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan manusia merupakan suatu proses dalam peningkatan kemampuan dasar manusia melalui berbagai upaya untuk kesejahteraan manusia. Tujuan pembangunan manusia adalah agar manusia dapat berpartisipasi disegala bidang pembangunan. Salah satu tolak ukur pembangunan manusia dapat dinilai dari indeks pembangunan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia di Indonesia. Faktor-faktor yang terpilih sebagai variabel dalam penelitian ini: PDRB per kapita, belanja daerah, rasio ketergantungan, kemiskinan, dan teknologi. Penelitian ini menggunakan data panel yang terdiri dari data time series selama 6 tahun, mulai dari tahun 2014 hingga 2019 dan data cross section yang berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi data panel dengan metode fixed effect model. Fixed effect model digunakan untuk mengetahui pengaruh variabelvariabel independen terhadap indeks pembangunan manusia di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: PDRB per kapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, belanja daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, rasio ketergantungan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, kemiskinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia, dan teknologi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk di Indonesia perlu diimbangi dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan penduduk mampu menjadi penggerak perekonomian nasional sehingga harus dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah untuk dapat mendorong pembangunan ekonomi terutama untuk peningkatan kesejahteraan nasional melalui investasi sumber daya manusia.
Keywords : Human Development Index, GRDP Per Capita, Regional Expenditure, Poverty, and Technology., Indeks Pembangunan Manusia, PDRB Per Kapita, Belanja Daerah, Kemiskinan, dan Teknologi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Santi Hidayat
Date Deposited: 21 Feb 2022 04:10
Last Modified: 21 Feb 2022 04:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item
View Item