PENGARUH PERKEMBANGAN DESA WISATA DAN PARTISIPASI PEMUDA TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (KASUS KAMPUNG RAWA DESA BEJALEN, KABUPATEN SEMARANG)

AINI, Laily Nur and GUNANTO, Edy Yusuf Agung and SASANA, Hadi,(17 November 2019), PENGARUH PERKEMBANGAN DESA WISATA DAN PARTISIPASI PEMUDA TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (KASUS KAMPUNG RAWA DESA BEJALEN, KABUPATEN SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (334kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (324kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Desa wisata telah menjadi alternatif dalam program pengembangan Ekonomi Lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan Desa wisata terhadap pengembangan ekonomi lokal jika didorong adanya partisipasi pemuda yang terlibat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi moderating. Data penelitian yang digunakan adalag data primer dengan jenis data cross section. Jumlah responden yaitu 100 masyarakat Desa Bejalen dengan ketentuan pengambilan sampel berdasarkan rumus slovin. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan menggunakan skala likert. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan ekonomi lokal, variabel independen yaitu perkembangan desa wisata Kampung Rawa dan variabel moderating yaitu partisipasi pemuda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel perkembangan desa wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal di Desa Bejalen serta perkembangan desa wisata jika didorong oleh adanya pasrtisipasi pemuda juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal di Desa Belajen, Kabupaten Semarang. Selaian itu, penelitian ini juga akan melihat contingent valuation method (CVM) dan willingness to pay pada inovasi baru yang akan dilakukan oleh Kampung rawa yaitu penambahan fasilitas spot selfi.
Keywords : Rural Tourism, Local Economic Development, youth participation, Desa wisata, pengembangan ekonomi lokal, partisipasi pemuda.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:25
Last Modified: 22 Feb 2022 04:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item
View Item