ANALISIS TINGKAT EFISIENSI SEKTOR PARIWISATA DI JAWA TENGAH TAHUN 2017 DAN 2019

PANJAITAN, Yennie Glorya and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(9 March 2022), ANALISIS TINGKAT EFISIENSI SEKTOR PARIWISATA DI JAWA TENGAH TAHUN 2017 DAN 2019. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (199kB)
[thumbnail of Abstrak ( Inggris)] Text (Abstrak ( Inggris)) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Abstrak ( Indonesia)] Text (Abstrak ( Indonesia)) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (315kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmaks] Text (Fulltext PDF Bookmaks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pariwisata sebagai salah satu sektor yang diandalkan bagi penerimaan daerah maka pemerintah Provinsi Jawa Tengah dituntut untuk dapat menggali dan mengelola potensi wisata yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis tingkat efisiensi dan produktivitas pada sektor pariwisata di Jawa Tengah antara tahun 2017 dan 2019 dengan sampel 35 Kabupaten/Kota. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep efisiensi yang didasarkan pada teori produksi, pengukuran nilai efisiensi dan produktivitas diperoleh menggunakan metode analisis Data Envelopment Analysis (DEA) dan Malmquist Productivity Index (MPI). Asumsi yang digunakan adalah variable return to scale (VRTS) dan model orientasi output (output oriented). Dengan variable input objek wisata, restoran dan rumah makan, biro perjalanan wisata dan jumlah hotel bintang serta melati. Variabel output dalam penelitian ini adalah wisatawan dan pendapatan sektor pariwisata. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 Kabupaten/Kota (45,8%) di tahun 2017, 18 Kabupaten/Kota (51,4%) di tahun 2019 yang mencapai efisiensi teknis penuh. Total Factor productivity change mengindikasikan bahwa 22 Kabupaten/Kota (62,8%) mendekati frontier baik pada frontier produksi maupun frontier efisiensi dan dari scale efficiency change mengindikasikan bahwa terdapat 17 Kabupaten/Kota (48,57%) mengalami perbaikan efisiensi teknis selama periode 2017 ke 2019. Kata Kunci : Pariwisata, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA), Malmquist Productivity Index (MPI)
Keywords : tourism, efficiency, Data Envelopment Analysis (DEA), Malmquist Productivity Index (MPI), Pariwisata, Efisiensi, Data Envelopment Analysis (DEA), Malmquist Productivity Index (MPI)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: YENNIE GLORYA PANJAITAN
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:41
Last Modified: 10 Mar 2022 01:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item
View Item