ANALISIS KEPUTUSAN INVESTOR UNTUK BERINVESTASI PADA SAHAM SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

UNZILA, Rayyan and SANTOSA, Purbayu Budi,(4 March 2022), ANALISIS KEPUTUSAN INVESTOR UNTUK BERINVESTASI PADA SAHAM SYARIAH PADA MASA PANDEMI COVID-19. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada awal masa pandemi Covid-19 IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) dan ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia) mengalami penurunan. Menurut data yang bersumber dari BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2020 persentase penurunan indeks harga saham syariah relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan indeks saham konvensional. Saham syariah jauh lebih baik dalam menghadapi krisis dan resesi ekonomi jika dibandingkan dengan saham konvensional dikarenakan saham syariah lebih baik dalam sisi pengelolaan dan lebih stabil dalam menghadapi risiko. Sedangkan saham konvensional dalam melaksanakan kegiatannya terdapat unsur-unsur spekulatif yang menjadikan adanya skandal di dalam investasi pada pasar modal konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan investor untuk berinvestasi pada saham syariah pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian data menggunakan program SPSS Statistics 25. Responden pada penelitian ini sebanyak 133 investor saham syariah dengan menggunakan purposive sampling dimana metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa risiko investasi, perkembangan saham syariah, informasi produk, dan pertimbangan prinsip syariah secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan investor untuk berinvestasi pada saham syariah pada masa pandemic Covid-19. Sementara pertimbangan ekonomi tidak berpengaruh terhadap keputusan investor untuk berinvestasi pada saham syariah. Secara simultan, risiko investasi, perkembangan saham syariah, informasi produk, pertimbangan ekonomi, dan pertimbangan prinsip syariah berpengaruh positif terhadap keputusan investor untuk berinvestasi pada saham syariah pada masa pandemic Covid-19.
Keywords : Covid-19 pandemic, JCI, ISSI, Investment Risk, Sharia Stock Developments, Product Information, Economic Considerations, and Sharia Principles Considerations., Covid-19, IHSG, ISSI, Risiko Investasi, Perkembangan Saham Syariah, Informasi Produk, Pertimbangan Ekonomi, dan Pertimbangan Prinsip Syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rayyan Unzila Ayya
Date Deposited: 11 Mar 2022 08:10
Last Modified: 11 Mar 2022 08:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item
View Item