PREFERENSI INVESTOR RITEL DI KALANGAN GENERASI MILLENNIAL DALAM MEMILIH INDEKS UNTUK BERINVESTASI DI PASAR SAHAM INDONESIA PENDEKATAN STUDI FENOMENOLOGI

CAHYANA, Muhammad Aziz and MAWARDI, Wisnu,(7 February 2022), PREFERENSI INVESTOR RITEL DI KALANGAN GENERASI MILLENNIAL DALAM MEMILIH INDEKS UNTUK BERINVESTASI DI PASAR SAHAM INDONESIA PENDEKATAN STUDI FENOMENOLOGI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (170kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (147kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (321kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Investasi merupakan kegiatan yang harus dilakukan sedini mungkin untuk memenuhi masa depan finansialnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa investor ritel milenial memutuskan untuk berinvestasi di pasar saham Indonesia, mengetahui preferensi indeks yang diminati investor ritel milenial, mengetahui perilaku investor ritel milenial yang berhasil dan gagal dalam membuat keputusan investasi dan dapat dijadikan sebagai rekomendasi perusahaan sekuritas jika ingin membuat produk reksa dana saham untuk generasi milenial. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif. Pendekatan yang dilakukan dengan fenomenologi. Pengambilan data melalui instrumen wawancara semi terstruktur dengan populasi generasi milenial dan sampel sebanyak 10 investor ritel milenial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investor ritel milenial tertarik untuk berinvestasi di pasar saham Indonesia karena keuntungan di masa depan. Preferensi indeks bagi investor ritel milenial adalah sektor keuangan secara mayoritas. Investor ritel generasi milenial yang sukses cenderung memahami cara kerja pasar saham itu sendiri. Sebaliknya, investor ritel generasi milenial yang gagal cenderung mengikuti ajakan orang lain tanpa memahami cara kerja pasar saham itu sendiri. Dalam hal ini, rekomendasi indeks adalah IDX-IC di sektor keuangan, konsumen primer, properti & real estate, energi, dan infrastruktur.
Keywords : Investment, Retail Investor, Millenials, Index Preferences, Investasi, Investor ritel, Millenial, Preferensi Indeks
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Aziz Cahyana
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:35
Last Modified: 14 Mar 2022 04:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item
View Item