ANALISIS PENERAPAN KONSEP GREEN MARKETING PADA UMKM SEKTOR NON-PANGAN DI PULAU JAWA

TORYANTO, Cheuang Jean Karmel and INDRIANI, Farida,(22 February 2022), ANALISIS PENERAPAN KONSEP GREEN MARKETING PADA UMKM SEKTOR NON-PANGAN DI PULAU JAWA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (159kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran manusia akan pentingnya sustainability dan menata keberlanjutan dunia sudah semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Urgensi untuk merawat lingkungan menjadi semakin tinggi sehingga pemasaran konvensional sudah bergeser ke arah pemasaran hijau. Penerapan pemasaran hijau atau green marketing ini selain dilakukan untuk kepentingan lingkungan juga ditujukan sebagai competitive advantage yang diharapkan dapat meningkatkan marketing performance perusahaan. Pada penelitian ini dilakukan analisis mengenai penerapan green marketing pada UMKM di Indonesia, khususnya yang berada di Pulau Jawa dan merupakan sektor non-pangan menggunakan konsep Green Marketing Orientation dari dimensi Strategic Green Marketing Orientation dan Tactical Green Marketing Orientation. Data dikumpulkan dari 53 UMKM dari sektor home living, pakaian, souvenir dan aksesoris, perawatan dan kecantikan, olahraga dan kesehatan, otomotif, serta hobi dan koleksi menggunakan kuesioner dengan 5-point Likert scale. Data kemudian diolah menggunakan software SmartPLS. Hasilnya menunjukkan bahwa Strategic Green Marketing Orientation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Competitive Advantage. Namun Tactical Green Marketing Orientation tidak berpengaruh signifikan terhadap Competitive Advantage.
Keywords : Green Marketing orientation, Strategic Green Marketing Orientation, Tactical Green Marketing Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance, SMEs, Indonesia, Pemasaran Hijau, Green Marketing orientation, Strategic Green Marketing Orientation, Tactical Green Marketing Orientation, Competitive Advantage, Keunggulan Kompetitif, Marketing Performance, Kinerja Pemasaran, UMKM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Jean Toryanto
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:21
Last Modified: 16 Mar 2022 03:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item
View Item