ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI, PANGSA PASAR DAN KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (STUDI PADA BANK SYARIAH PERIODE 2005-2008)

STIAWAN, Adi and WAHYUDI, Sugeng and DENNY, Erman,(14 April 2010), ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI, PANGSA PASAR DAN KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (STUDI PADA BANK SYARIAH PERIODE 2005-2008). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (219kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (270kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor makroekonomi yang diukur dengan pertumbuhan inflasi dan GDP, pangsa pasar yang diukur dengan pangsa pembiayaan dan karakteristik bank yang diukur dengan CAR, FDR, NPF, BOPO, SIZE terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan publikasi Bank indonesia, serta laporan publiksai Bank Syariah melalui website. Teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling. Sampel dalam penelitian ini 16 bank syariah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian asumsi klasik meliputi normalitas data, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan autokorelasi. Selama periode pangamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasitidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan inflasi dan pertumbuhan GDP tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap ROA. Variabel FDR, pangsa pasar, CAR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel NPF, BOPO, dan SIZE berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi dari ke delapan variabel tersebut terhadap ROA dalam penelitian ini sebesar 12, 9 %, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Keywords : Keywords: Macroeconomics, Market Share, Characteristics of the Bank, Profitability, Regression, Kata kunci : Makroekonomi, Pangsa Pasar, Karakteristik Bank, Profitabilitas, Regresi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 17 Mar 2022 02:35
Last Modified: 17 Mar 2022 02:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10371

Actions (login required)

View Item
View Item