STIAWAN, Adi and WAHYUDI, Sugeng and DENNY, Erman,(14 April 2010), ANALISIS PENGARUH FAKTOR MAKROEKONOMI, PANGSA PASAR DAN KARAKTERISTIK BANK TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (STUDI PADA BANK SYARIAH PERIODE 2005-2008). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (219kB)
Download (219kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (152kB)
Download (152kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (270kB)
Download (270kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (270kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (270kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh faktor makroekonomi yang
diukur dengan pertumbuhan inflasi dan GDP, pangsa pasar yang diukur dengan
pangsa pembiayaan dan karakteristik bank yang diukur dengan CAR, FDR, NPF,
BOPO, SIZE terhadap Return On Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Laporan Keuangan
publikasi Bank indonesia, serta laporan publiksai Bank Syariah melalui website.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposif sampling. Sampel dalam penelitian
ini 16 bank syariah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi linier berganda dimana sebelumnya data telah diuji dengan pengujian
asumsi klasik meliputi normalitas data, heteroskedastisitas, multikolinieritas dan
autokorelasi.
Selama periode pangamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi
normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan
uji autokorelasitidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini
menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model
persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
pertumbuhan inflasi dan pertumbuhan GDP tidak menunjukkan pengaruh signifikan
terhadap ROA. Variabel FDR, pangsa pasar, CAR berpengaruh positif signifikan
terhadap ROA, sedangkan variabel NPF, BOPO, dan SIZE berpengaruh negatif
signifikan terhadap ROA. Kemampuan prediksi dari ke delapan variabel tersebut
terhadap ROA dalam penelitian ini sebesar 12, 9 %, sedangkan sisanya dipengaruhi
faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Keywords : | Keywords: Macroeconomics, Market Share, Characteristics of the Bank, Profitability, Regression, Kata kunci : Makroekonomi, Pangsa Pasar, Karakteristik Bank, Profitabilitas, Regresi. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 17 Mar 2022 02:35 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 02:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10371 |