ANALISIS EFISIENSI USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clarias Gariepinus) DI KABUPATEN DEMAK

PRINGGOLAKSITO, Eko and SUSILOWATI, Indah and MUDAKIR, Y Bagio,(June 2008), ANALISIS EFISIENSI USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DUMBO (Clarias Gariepinus) DI KABUPATEN DEMAK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (151kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (188kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya masyarakat budidaya perikanan di Kabupaten Demak merupakan usaha budidaya ikan lele dumbo dengan pola budidaya tradisional yang masih mengandalkan kebiasaan dalam menggunakan input-inputnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi (efisiensi teknis, efisiensi harga dan efisiensi ekonomis) dari usaha budidaya ikan lele dumbo di Kabupaten Demak. Efisiensi dalam produksi merupakan perbandingan output dan input berhubungan dengan tercapainya outpur maksimum dnegan sejumlah input, artinya jika rasio output besar, maka efisiensi dikatakan semakin tinggi. Selain itu juga untuk menganalisis penerimaan dan pengeluaran usaha budidaya ikan lele dumbo tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan multistage sampling. Sebanyak 120 Rumah Tangga Perikanan (RTP) budidaya ikan lele dumbo diambil sebagai sampel. Analisis data menggunakan Frontier Analisis dengan Metode Maksimum Lekelihood (MLE) menggunakan software Frontier versi 4.1c. Hasil estimasi menunjukkan bahwa mayoritas usaha budidaya ikan lele dumbo telah mencapai efisiensi teknis lebih dari 90%. Nilai rata-rata efisiensi teknis sebesar 0,935 (0,804 - 0,983). Nilai efisiensi harga sebesar 22,961, dan nilai efisiensi ekonomisnya adalah sebesar 21,47. Efisiensi Teknis dan Efisiensi Ekonomis tidak sama dengan 1 belum efisien, sehingga masih dimungkinkan untuk menambah ataupun mengurangi alokasi inputnya. Usaha budidaya ikan lele dumbo masih cukup menguntungkan, seperti ditunjukkan oleh nilai R/C rasio sebesar 1,19. Guna meningkatkan pendapatan, masyarakat budidaya ikan lele dumbo seharusnya mengalokasikan input-input yang sesuai kebutuhan. Usaha budidaya ikan lele dumbo di Demak masih bisa dikembangkan, namun perlu adanya pembinaan dari pemerintah seperti pelatihan budidaya agar input-input yang digunakan lebih efisien.
Keywords : Production, Efficiency, Frontier Analysis, Demak, Indonesia, Produksi, Efisiensi, Frontier Analisis, Demak, Indonesia.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 29 Mar 2022 09:13
Last Modified: 29 Mar 2022 09:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10447

Actions (login required)

View Item
View Item