UTOMO, Eko Yoga Cahyo and MIYASTO, Miyasto and SUGIARTO, PH,SU.,(28 August 2010), ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK MITRA, KOMITMEN MITRA, DAN PELAYANAN MITRA TERHADAP KUALITAS KERJA SAMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PERUM BULOG DIVRE JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (75kB)
Download (75kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (143kB)
Download (143kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (176kB)
Download (176kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (980kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (980kB) | Request a copy
Abstract
Untuk meningkatkan kinerja bisnis, Perum Bulog sebagai perusahaan
umum negara yang mengurusi pendistribusian beras banyak membuat kerjasama
dengan para mitra kerja. Tetapi pada kenyataannya dari strategi kerjasama yang
diterapkan banyak muncul permasalahan. Penelitian didasarkan adanya
permasalahan yang ada di Perum Bulog Divre Jateng, kerjasama dengan mitra kerja
belum menunjukkan peningkatan, seperti: memasukkan beras yang tidak sesuai
standar dan belum terealisasinya kegiatan pengadaan sesuai dengan waktu yang
dijadwalkan. Penyaluran beras hasil pengadaan Dalam Negeri untuk masyarakat
miskin (Raskin) masih sering ditemukan keluhan oleh penerima manfaat tentang
kualitas beras yang diterima seperti bau apak dan berkutu, sehingga menunjukkan
kualitas kerjasama belum optimal, hal ini dapat mempengaruhi kinerja bisnis, oleh
karena itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh karakteristik
mitra, komitmen mitra, dan pelayanan mitra terhadap kualitas kerjasama dalam
meningkatkan kinerja bisnis.
Populasi penelitian ini adalah mitra kerja Perum Bulog yang berjumlah
120 orang. Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling,
berdasarkan proporsional random sampling, maka diperoleh sampel sejumlah 120
sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi sedangkan
kuesioner dikirimkan oleh peneliti langsung ke responden. Bersamaan dengan itu
peneliti secara langsung menjelaskan tentang latar belakang penelitian dan cara
mengisi kuesioner pada responden. Hal ini dimaksudkan untuk memperbesar
kemungkinan memperoleh jawaban dari responden (respond rate) dan mengurangi
kemungkinan kesalahan pengisian kuesioner oleh responden yang disebabkan
karena kekurangjelasan responden. Teknik analisis dengan menggunakan perangkat
lunak Structural Equation Modelling (SEM) yang digunakan untuk menganalisis
data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik mitra, komitmen mitra,
dan pelayanan mitra berpengaruh terhadap kualitas kerja sama dan meningkatkan
kinerja bisnis. Makna strategis yang ditemukan adalah mitra kerja yang mempunyai
karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan Perum Bulog Divre Jawa Tengah akan
semakin memperkuat adanya kualitas kerja sama yang baik, meningkatkan suatu
hubungan yang berkualitas tinggi menimbulkan komitmen yang kuat untuk terus
melakukan hubungan kerja sama yang berkualitas, adanya pelayanan mitra kerja
Perum Bulog oleh Perum Bulog Divre Jawa Tengah dalam menghasilkan
peningkatan strategi kerjasama jangka panjang, dan adanya kerja sama yang baik
antara mitra kerja Perum Bulog dengan Perum Bulog Divre Jawa Tengah dalam
menghasilkan peningkatan kinerja bisnis.
Keywords : | Keywords: partners characteristic, partners commitment, and partners service, cooperation quality and business performance., Kata Kunci: karakteristik mitra, komitmen mitra, pelayanan mitra, kualitas kerja sama, dan kinerja bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 03:17 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 03:17 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10488 |