ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK MITRA, KOMITMEN MITRA, DAN PELAYANAN MITRA TERHADAP KUALITAS KERJA SAMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PERUM BULOG DIVRE JAWA TENGAH

UTOMO, Eko Yoga Cahyo and MIYASTO, Miyasto and SUGIARTO, PH,SU.,(28 August 2010), ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK MITRA, KOMITMEN MITRA, DAN PELAYANAN MITRA TERHADAP KUALITAS KERJA SAMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS PERUM BULOG DIVRE JAWA TENGAH. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (143kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (980kB) | Request a copy

Abstract

Untuk meningkatkan kinerja bisnis, Perum Bulog sebagai perusahaan umum negara yang mengurusi pendistribusian beras banyak membuat kerjasama dengan para mitra kerja. Tetapi pada kenyataannya dari strategi kerjasama yang diterapkan banyak muncul permasalahan. Penelitian didasarkan adanya permasalahan yang ada di Perum Bulog Divre Jateng, kerjasama dengan mitra kerja belum menunjukkan peningkatan, seperti: memasukkan beras yang tidak sesuai standar dan belum terealisasinya kegiatan pengadaan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Penyaluran beras hasil pengadaan Dalam Negeri untuk masyarakat miskin (Raskin) masih sering ditemukan keluhan oleh penerima manfaat tentang kualitas beras yang diterima seperti bau apak dan berkutu, sehingga menunjukkan kualitas kerjasama belum optimal, hal ini dapat mempengaruhi kinerja bisnis, oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh karakteristik mitra, komitmen mitra, dan pelayanan mitra terhadap kualitas kerjasama dalam meningkatkan kinerja bisnis. Populasi penelitian ini adalah mitra kerja Perum Bulog yang berjumlah 120 orang. Penelitian ini menggunakan proporsional random sampling, berdasarkan proporsional random sampling, maka diperoleh sampel sejumlah 120 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi sedangkan kuesioner dikirimkan oleh peneliti langsung ke responden. Bersamaan dengan itu peneliti secara langsung menjelaskan tentang latar belakang penelitian dan cara mengisi kuesioner pada responden. Hal ini dimaksudkan untuk memperbesar kemungkinan memperoleh jawaban dari responden (respond rate) dan mengurangi kemungkinan kesalahan pengisian kuesioner oleh responden yang disebabkan karena kekurangjelasan responden. Teknik analisis dengan menggunakan perangkat lunak Structural Equation Modelling (SEM) yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik mitra, komitmen mitra, dan pelayanan mitra berpengaruh terhadap kualitas kerja sama dan meningkatkan kinerja bisnis. Makna strategis yang ditemukan adalah mitra kerja yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan Perum Bulog Divre Jawa Tengah akan semakin memperkuat adanya kualitas kerja sama yang baik, meningkatkan suatu hubungan yang berkualitas tinggi menimbulkan komitmen yang kuat untuk terus melakukan hubungan kerja sama yang berkualitas, adanya pelayanan mitra kerja Perum Bulog oleh Perum Bulog Divre Jawa Tengah dalam menghasilkan peningkatan strategi kerjasama jangka panjang, dan adanya kerja sama yang baik antara mitra kerja Perum Bulog dengan Perum Bulog Divre Jawa Tengah dalam menghasilkan peningkatan kinerja bisnis.
Keywords : Keywords: partners characteristic, partners commitment, and partners service, cooperation quality and business performance., Kata Kunci: karakteristik mitra, komitmen mitra, pelayanan mitra, kualitas kerja sama, dan kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:17
Last Modified: 04 Apr 2022 03:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item
View Item