LIANAWATY, Marcelli and MIYASTO, Miyasto,(26 November 2015), PERAN REPUTASI DAN ASET FISIK STRATEGIS TERHADAP KINERJA ALIANSI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI MEDIATING VARIABEL PADA PT KAJASA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (119kB)
Download (119kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (116kB)
Download (116kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (115kB)
Download (115kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (235kB)
Download (235kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (537kB)
Download (537kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Lingkungan bisnis yang penuh turbulensi dan keterbatasan sumber daya,
membuat perusahaan menggunakan aliansi stratejik untuk meningkatkan
keunggulan bersaingnya. Kerjasama distribusi produk dan kerjasama pemasok�pelanggan yang terjadi antara PT Kajasa dan mitranya dapat dikategorikan sebagai
aliansi. PT Kajasa merupakan distributor LPG resmi di Kabupaten Kendal dan
Semarang.
Berbagai riset dan fenomena yang terjadi menyatakan resiko kegagalan aliansi
tinggi. Namun demikian, aliansi yang dilakukan oleh PT Kajasa termasuk berhasil.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber daya mana yang paling
berperan meningkatkan kinerja aliansi melalui pembentukan kepercayaan di dalam
aliansi stratejik. Dengan landasan teori resource based view dan relational view,
penelitian ini menggunakan atribut reputasi (sumber daya tidak berwujud) dan aset
fisik strategis (sumber daya berwujud) terhadap kepercayaan dan kinerja aliansi.
Obyek penelitian ini adalah 155 mitra pelanggan gas LPG yang bekerjasama
dengan PT Kajasa. Sejumlah 135 kuesioner terkumpul untuk dianalisa
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil analisis menunjukkan bahwa atribut reputasi dan aset fisik strategis
berpengaruh terhadap kepercayaan dalam meningkatkan kinerja aliansi, baik secara
langsung maupun tidak langsung. Hasil pengolahan data menjawab permasalahan
penelitian dan menunjukkan bahwa atribut aset fisik strategis mempunyai pengaruh
lebih besar terhadap kepercayaan dalam meningkatkan kinerja aliansi,
dibandingkan dengan atribut reputasi. Oleh sebab itu, PT Kajasa perlu lebih
memperhatikan penampilan kantor, armada pengiriman, keamanan gudang serta
persediaan LPG yang dimilikinya untuk meningkatkan kepercayaan mitra dalan
meningkatkan kinerja aliansinya.
Keywords : | strategic alliance, reputation, tangible strategic asset, trust, alliance performance, aliansi stratejik, reputasi, aset fisik strategis, kepercayaan, kinerja aliansi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 01:58 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 01:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10528 |