DISPARITAS PENDAPATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ( Kajian Empirik Wilayah Propinsi Papua)

SAWAI, Jerry Joas and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius and KODOATIE, Johanna Maria,(March 2012), DISPARITAS PENDAPATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ( Kajian Empirik Wilayah Propinsi Papua). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (162kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (37MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) menguji hipotesis Simon Kuznets apakah masih berlaku, yang menyatakan bahwa pada tahap-tahap awal pertumbuhan ekonomi suatu wilayah akanmeningkatkan disparitas pendapatan,tetapi dalam jangka waktu tertentu pertumbuhan ekonomi suatu wilayah akan mengurangi disparitas pendapatan, (2)menganalisis variabelpengembangan sumberdaya Manusia (human Capital)dan investasi pemerintah daerah mempengaruhi pendapatan regional. Alat analisispenelitian yang digunakan adalah regresi dengan data panel antar daerah yang terdiri dari 19 kabupaten dan 1 kota dalam periode waktu 7 tahun (tahun 2003 -2009). Ketimpangan pendapatan wilayah di dekati dengan menggunakan indeks tertimbang williamson. Ada 2 model yang di bangun dalam penelitian, (1) model simon kuznets (2) model pertumbungan ekonomi yang menganalisis pengaruh mengembangan sumberdaya manusia (HUM) dan investasi pemerintah daerah (INV) terhadap pendapatan regional (PDRB). Teknik estimasi yang digunakan adalah metode ordinary least square untuk model disparitas pendapatan (INV)dan fixed effect model untuk pendapatan regional (PDRB) Temuan-temuan strategis dalam penelitian adalah (a)hipotesis simon kuznets ternyata masih berlaku dan terbukti di wilayah propinsi Papua, (b) pengaruh variabelpengembangan sumberdaya manusiadan investasi pemerintah daerah terhadap pendapatan regional memiliki hubungan positif dan signifikan sesuai teori ekonomi, Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pengembangan sumberdaya manusia dan investasi pemerintah daerah sebagai faktor-faktor produksi dalam memacu pertumbuhan ekonomi.
Keywords : Simon Kusnets Hypothesis, Income Disparity, economic Growth, Human - Capital Development, Local Government Investment., Hipotesis Simon Kusnets, Disparitas Pendapatan, Pertumbuhan Ekonomi,Pengembangan Sumberdaya Manusia, Investasi Pemerintah Daerah, Propinsi Papua.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:56
Last Modified: 13 Apr 2022 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item
View Item