PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS

PUTRA, I Putu Wahyudi Cahya and MIYASTO, Miyasto and MAHFUDZ, Mahfudz,(17 June 2017), PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (372kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (353kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (426kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (363kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (520kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapaabilitas pemasaran dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya terhadap kinerja bisnis. Data tahun 2013 – 2015 menunjukkan adanya suatu fenomena bisnis dimana terjadi suatu penurunan kinerja bisnis yang dialami para Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kerajinan ukiran kayu di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, dimana usaha kecil berjumlah sebesar 55% dari total keseluruhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang ada. Sampel penelitian ini adalah usaha kecil kerajinan ukiran kayu di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali sebanyak 112 responden. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner dan wawancara langsung kepada para pemilik usaha kecil kerajinan kayu di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Penelitian ini mengembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan lima hipotesis yang akan diuji menggunakan struktural equation modelling sebagai alat analisis dibantu dengan software AMOS 23. Hasil pengolahan data dengan menggunakan SEM untuk model teoritis telah memenuhi Goodness of Fit sebagai berikut : Nilai Chi Square = 115,296; Df = 98; P = 5%; Probabilitas = 0,112; GFI = 0,889; AGFI = 0,846; TLI = 0,972; CFI = 0,978; RMSEA = 0.040. Hasil ini menunjukkan bahwa model tersebut layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja bisnis akan meningkat seiring dengan peningkatan keunggulan bersaing, kapabilitas pemasaran dan inovasi produk.
Keywords : Keywords : Marketing Capabilities, Product Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, Kata Kunci : Kapabilitas Pemasaran, Inovasi produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:55
Last Modified: 21 Apr 2022 06:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10606

Actions (login required)

View Item
View Item