SUMEKAR, Kertati and WAHYUDI, Sugeng,(July 2012), MEMBANGUN TINDAKAN BERBAGI PENGETAHUAN AFEKTIF RASIONAL MELALUI MODAL SOSIAL DAN PEMBELAJARAN ORGANISASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Studi pada UKM Bordir dan Konveksi di Provinsi Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (50kB)
Download (50kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (177kB)
Download (177kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh kepercayaan,
interaksi sosial, norma sosial, visi bersama dan orientasi pembelajaran terhadap Tindakan
Berbagi Pengetahuan Afektif Rasional dan kreativitas hubungan pelanggan dengan kinerja
bisnis pada usaha kecil dan menengah industri konveksi di Jawa Tengah. Penelitian ini
mengambil sampel sebanyak 117 responden. Responden adalah pemilik usaha kecil menengah
industri bordir dan konveksi. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM)
dengan software AMOS versi 19.
Penelitian ini secara umum menghasilkan pengaruh positif kepercayaan, visi bersama,
interaksi sosial terhadap tindakan berbagi pengetahuan sukarela. Orientasi pembelajaran
berpengaruh terhadap tindakan berbagi pengetahuan afektif rasional. Tindakan berbagi
pengetahuan berpengaruh positif terhadap kreativitas hubungan pelanggan dan kinerja bisnis,
demikian juga kreativitas hubungan pelanggan berpengaruh terhadap kinerja bisnis.
Temuan teoritis dalam penelitian ini adalah : (1) untuk meningkatkan kinerja perusahaan
dapat dilakukan dengan melalui peningkatan kepercayaan, visi bersama, interaksi sosial, dan
orientasi pembelajaran melalui tindakan berbagi pengetahuan afektif rasional, (2) untuk
meningkatkan kinerja bisnis dapat dilakukan dengan melalui peningkatan tindakan berbagi
pengetahuan afektif rasional dan kreativitas hubungan pelanggan.
Penelitian ini menyumbang temuan dalam teori Pembelajaran Organisasi sebagai dasar
dan kolaborasi dari teori modal sosial, teori tindakan sosial, didalam menjelaskan peran tindakan
berbagi pengetahuan afektif rasional sebagai variabel yang memediasi variabel-variabel modal
sosial dan pembelajaran organisasi.
Keywords : | Business performance, learning organization, Affective Rational Knowledge Sharing, social capital, Kinerja Bisnis, Pembelajaran Organisasi, Tindakan Berbagi Pengetahuan Afektif Rasional, Modal Sosial |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10620 |