PUTRA, I Putu Wahyudi Cahya and MIYASTO, Miyasto and MAHFUDZ, Mahfudz,(17 June 2017), PENGARUH KAPABILITAS PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (372kB)
Download (372kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (353kB)
Download (353kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (426kB)
Download (426kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (363kB)
Download (363kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (520kB)
Download (520kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kapaabilitas pemasaran dan
inovasi produk terhadap keunggulan bersaing serta implikasinya terhadap kinerja
bisnis. Data tahun 2013 – 2015 menunjukkan adanya suatu fenomena bisnis dimana
terjadi suatu penurunan kinerja bisnis yang dialami para Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah kerajinan ukiran kayu di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, dimana usaha
kecil berjumlah sebesar 55% dari total keseluruhan Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah yang ada.
Sampel penelitian ini adalah usaha kecil kerajinan ukiran kayu di Kabupaten
Gianyar Provinsi Bali sebanyak 112 responden. Pengambilan data dilaksanakan
dengan menggunakan kuisioner dan wawancara langsung kepada para pemilik usaha
kecil kerajinan kayu di Kabupaten Gianyar Provinsi Bali. Penelitian ini
mengembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan lima hipotesis yang akan
diuji menggunakan struktural equation modelling sebagai alat analisis dibantu dengan
software AMOS 23.
Hasil pengolahan data dengan menggunakan SEM untuk model teoritis telah
memenuhi Goodness of Fit sebagai berikut : Nilai Chi Square = 115,296; Df = 98;
P = 5%; Probabilitas = 0,112; GFI = 0,889; AGFI = 0,846; TLI = 0,972; CFI = 0,978;
RMSEA = 0.040. Hasil ini menunjukkan bahwa model tersebut layak untuk
digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja bisnis akan meningkat
seiring dengan peningkatan keunggulan bersaing, kapabilitas pemasaran dan inovasi
produk.
Keywords : | Keywords : Marketing Capabilities, Product Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, Kata Kunci : Kapabilitas Pemasaran, Inovasi produk, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:09 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10622 |