SKRIPSIANINGRUM, Yurika and DJASTUTI, Indi and MAS'UD, Fuad,(18 October 2008), PENGARUH FAKTOR KEADILAN KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (80kB)
Download (80kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (172kB)
Download (172kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (79kB)
Download (79kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (194kB)
Download (194kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (271kB)
Download (271kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk
mendapatkan hasil kerja yang optimal. Ketika seseorang merasakan kepuasan
dalam bekerja, ia akan berusaha semaksimal mungkin dengan segenap
kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan
demikian, produktivitas akan meningkat sehingga dapat mendorong tercapainya
tujuan organisasi. Peningkatan kepuasan kerja karyawan tidak dapat dilepaskan
dari adanya kompensasi yang diberikan oleh organisasi pada karyawan dan
kepemimpinan yang mampu membawa perusahaan mencapai tujuan.
Untuk menguji pengaruh keadilan kompensasi dan kepemimpinan terhadap
kepuasan kerja dan kinerja, data dikumpulkan dari 105 responden dengan
menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan
menggunakan tekniks analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil pengujian kausalitas terhadap variabel-variabel yang diteliti
menunjukkan bahwa keadilan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja karyawan, keadilan kompensasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kepemimpinan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat
beberapa implikasi yang diperoleh yang dapat digunakan dalam penentuan
kebijakan tentang keadilan kompensasi dan kepemimpinan. Adapun implikasi�implikasi tersebut adalah merevisi kembali sistem penilaian prestasi yang
dilakukan di Bank BNI Cabang Solo agar benar-benar dapat menunjukkan
seberapa baik pekerjaan dilakukan oleh karyawannya dan menerapkan
kepemimpinan yang lebih menekankan pada pengawasan yang jelas untuk setiap
kategori pekerjaan.
Keywords : | Keywords: impartial compensation, leadership, job satisfaction, performance, Kata kunci : keadilan kompensasi, kepemimpinan, kepuasan kerja, kinerja |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 03:51 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 03:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10635 |