PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah)

RIUPASSA, Elisabeth and ACHMAD, Tarmizi and ARDIYANTO, Moh. Didik,(8 December 2010), PENGARUH KONFLIK PERAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ( Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (197kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (359kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konflik peran dan ambiguitas peran terhadap komitmen organisasi dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening dari auditor internal pada perusahaan manufaktur. Objek penelitian ini adalah auditor internal yang bekerja pada perusahaan-perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan teknik convinience sampling di dalam pengumpulan data. Data diperoleh dengan menyebarkan 500 kuesioner kepada auditor internal yang bekerja pada perusahaan manufaktur di Jawa Tengah. Enam puluh (60) kuesioner atau 12,00% dapat digunakan sebagai data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS Versi 2.0. M3 sebagai analisis utama dan program SPSS Versi 16.0 for windows sebagai analisis tambahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Walaupun ambiguitas peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap komitmen organisasi dengan menggunakan program SmartPLS Versi 2.0 M3, akan tetapi dengan menggunakan program SPSS Versi 16.0 for windows menunjukkan hasil yang sebaliknya, yaitu ambiguitas peran berpengaruh tidak signifikan terhadap komitmen organisasi. Baik konflik peran maupun ambiguitas peran berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja auditor internal. Hasil survey selanjutnya menunjukkan bahwa kepuasan kerja menjadi mediator hubungan konflik peran dan ambiguitas peran terhadap komitmen organisasi.
Keywords : Role Conflict, Role Ambiguity, Job Satisfaction and Organizational Commitment., konflik peran, ambiguitas peran, kepuasan kerja, komitmen organisasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:32
Last Modified: 27 Apr 2022 03:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10636

Actions (login required)

View Item
View Item