PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM

DEVY, HAPPY SISTA and PANGESTUTI, Irene Rini Demi and SUGIONO, Sugiono,(19 April 2017), PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas merupakan alat analisis keuangan yang mampu melihat seberapa besar kemampuan perusahaan dalam menciptakan laba atau prtofit. Adanya profitabillitas dapat dijadikan sebuah informasi untuk investor dalam menentukan investasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel-variabel profitabilitas terhadap return saham perusahaan manufaktur pada negara-negara anggota ASEAN-5 dengan size sebagai variabel kontrol tahun 2011-2015. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur tahun 2011-2015 yang terdaftar pada pasar saham negara-negara anggota ASEAN-5 dengan data yang diakses melalui bloomberg. Adapun total sampel dengan perusahaan manufaktur pada perusahaan go-public di negara Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura, dan Thailand pada penelitian ini adalah 539 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, koefisen determinan, uji f dan uji t. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Economic value added (EVA), Earning per Share (EPS), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Sales (ROS), Cash Flow Operation (CFO) dengan return sebagai variabel dependend dan size sebagai variabel kontrol. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa pada negara Indonesia variabel independ yang mempengaruhi return hanya ROE dan size tidak sebagai variabel kontrol. Negara Malaysia variabel yang dapat berpengaruh signifikan terhadap return hanya EVA dan ROA, size pada sampel negara Malaysia juga tidak dapat digunakan sebagai variabel kontrol. Negara Philipina variabel ROA yang dapat berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap return saham, dan size pada negara Philipina dapat dijadikan sebagai variabel kontrol. Pada negara Singapura variabel ROE yang hanya bisa menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap return, dan size tidak dapat dijadikan sebagai variabel kontrol. Negara Thailand variabel independen yang berpengaruh terhadap return saham hanya ROE, dan size juga tidak dapat dijadikan sebagai variabel kontrol. Pada sampel gabungan negara-negara ASEAN-5 variabel size dapat digunakan sebagai kontrol dan variable-variabel yang dapat berpengaruh secara positif signifikan adalah EPS, ROE dan ROA.
Keywords : Keywords: Return stock, Economic value added (EVA), Earning per Share (EPS), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Sales (ROS), Cash Flow Operation (CFO), size., Kata Kunci : Return saham, Economic value added (EVA), Earning per Share (EPS), Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Return on Sales (ROS), Cash Flow Operation (CFO), size.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 25 May 2022 01:57
Last Modified: 25 May 2022 01:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item
View Item