ANALISIS PENGARUH TIMBAL BALIK STRUKTUR MODAL DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN AFILIASI DAN NON AFILIASI

PERMATASARI, Alfianti and MUHARAM, Harjum and SUGIARTO, PH,SU.,(27 April 2017), ANALISIS PENGARUH TIMBAL BALIK STRUKTUR MODAL DAN KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN AFILIASI DAN NON AFILIASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (159kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (278kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (319kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh timbal balik antara struktur modal dan kinerja perusahaan pada perusahaan afiliasi dan non afiliasi. Variabel endogen dalam penelitian adalah struktur modal dan kinerja perusahaan yang diukur menggunakan DEA, sedangkan variabel eksogen dalam penelitian adalah insider ownership, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan dividend payout ratio. Objek dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan yang terdaftar pada BEI periode 2011 hingga 2015. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah regresi berganda dan 2SLS namun 2SLS tidak dapat dijadikan sebagai estimasi yang konsisten dan efisien karena beberapa hal, yaitu tidak lolosnya uji hausman dan exoginitas pada perusahaan afiliasi dan non afiliasi. Penelitian ini kemudian menggunakan pengukuran koefisien determinasi, uji statistik F, dan uji statistik t. Hasil penelitian menemukan bahwa struktur modal memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan kinerja perusahaan memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan afiliasi. Hasil penelitian lainnya adalah, struktur modal memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan sebaliknya kinerja perusahaan memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan non afiliasi.
Keywords : Keywords: Reciprocal Influence, Affiliated Firm, Non Affiliated Firm, Capital Structure, Firm Performance, Efficiency, DEA, Insider Ownership, Size, Profitability, Dividend Payout Ratio (DPR), 2SLS., Kata kunci: Pengaruh Timbal Balik, Perusahaan Afiliasi, Perusahaan Non Afiliasi, Struktur Modal, Kinerja Perusahaan, Efisiensi, DEA, Insider Ownership, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dividend Payout Ratio (DPR), 2SLS.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 25 May 2022 02:05
Last Modified: 25 May 2022 02:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item
View Item