ANALISIS PENGARUH ECONOMIC BASED MEASUREMENT DAN ACCOUNTING BASED MEASUREMENT TERHADAP SHAREHOLDERS VALUE (Studi pada Perusahaan Manufaktur Negara ASEAN Tahun 2012-2016)

NAQIYYAH, Naqiyyah and PANGESTUTI, Irene Rini Demi and MAHFUDZ, Mahfudz,(29 December 2017), ANALISIS PENGARUH ECONOMIC BASED MEASUREMENT DAN ACCOUNTING BASED MEASUREMENT TERHADAP SHAREHOLDERS VALUE (Studi pada Perusahaan Manufaktur Negara ASEAN Tahun 2012-2016). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (23kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (115kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (284kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham (shareholders value) merupakan tujuan utama jangka panjang perusahaan. Kinerja keuangan internal perusahaan dapat menjadi sinyal untuk menilai kesejahteraan pemegan saham. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis economic based measured (Economic Value Added, Net Operating Profit After Tax, Net Income, dan Earnings Per Share) dan accounting based measured (Return On Asset dan Return On Equity) terhadap shareholders value yang diukur dengan Market Value Added dengan variabel kontrol Dummy Negara. Populasi yang digunakan adalah perusahaan sektor manufaktur pada di 5 (lima) negara ASEAN (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand) tahun 2012-2016. Data penelitian merupakan data balance panel dan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga terpilih 225 sampel perusahaan yang akan diuji dengan ini menggunakan panel least square. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa hasil yang signifikan yaitu variabel EVA, NOPAT, NI, ROA, dummy Filipina. Sedangkan pada EPS, ROE, dummy Indonesia, dummy Malaysia, dummy Singapura, dummy Thailand tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Variabel EVA berpengaruh postif signifikan terhadap MVA pada taraf signifikansi 1%, NOPAT berpengaruh postif signifikan terhadap MVA pada taraf signifikansi 10%, NI berpengaruh postif signifikan terhadap MVA pada taraf signifikansi 1% dan ROA berpengaruh postif signifikan terhadap MVA pada taraf signifikansi 5%. Kemudian, variabel kontrol dummy Filipina berpengaruh postif signifikan terhadap MVA pada taraf signifikansi 1%, artinya hanya negara Filipina yang berbeda dengan kategori acuan yaitu dummy negara Malaysia. Sementara Indonesia, Singapura dan Thailand tidak memiliki perbedaan dengan negara Malaysia.
Keywords : Shareholders value, Market Value Added, economic based measured, accounting based measured, dummy variable, data panel, manufactured, ASEAN., Shareholders value, Market Value Added, economic based measured, accounting based measured, variabel dummy, data panel, manufaktur, ASEAN.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 30 May 2022 02:18
Last Modified: 28 Jul 2022 03:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item
View Item