Flypaper Effect di Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah Pada Tahun 2016-2020

AMALIA, Shafira Indahputri and ISKANDAR, Deden Dinar,(18 May 2022), Flypaper Effect di Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah Pada Tahun 2016-2020. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (232kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (130kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran pemerintah pusat dalam kebijakan otonomi daerah memberikan bantuan berupa dana perimbangan yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan daerahnya. Namun, terdapat anomali bahwa adanya dana perimbangan dari pemerintah pusat tidak menjadi stimulus bagi pemerintah daerah untuk memaksimalkan potensi daerahnya, fenomena yang terjadi dapat terindikasi sebagai fenomena flypaper effect. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) terhadap Belanja Operasi (BO) dan Belanja Modal (BM) dalam dua model regresi yang berbeda pada Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah pada Tahun 2016-2020, yang selanjutnya diidentifikasi jika terjadi fenomena flypaper effect. Penelitian ini menganalisis data menggunakan Fixed Effect Model (FEM) dengan program perangkat lunak Eviews. Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa, PAD, DAU dan DBH berpengaruh signfikan terhadap Belanja Operasi dan menunjukkan adanya fenomena flypaper effect. Kedua, hanya DAU dan DBH yang berpengaruh signfikan terhadap Belanja Modal namun tidak ditemukan fenomena flypaper effect.
Keywords : Flypaper Effect, Operating Expenditure, Capital Expenditure, Original Regional Revenue (ORR), General Allocation Fund (GAF), Flypaper Effect, Belanja Operasi, Belanja Modal, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Shafira Indahputri Amalia
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:00
Last Modified: 03 Jun 2022 04:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item
View Item