FITRIANI, Lili Karmela and FERDINAND, Augusty Tae,(22 August 2014), MEMBANGUN PRODUK IKONIK AKULTURATIF UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PRODUK DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada UKM Batik di Kabupaten Cirebon). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (59kB)
Download (59kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (53kB)
Download (53kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (52kB)
Download (52kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (69kB)
Download (69kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (280kB)
Download (280kB)
Text (Fulltext PDF Bookmart)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun model teoritikal dan empirik
mengenai produk ikonik akulturatif yang dapat meningkatkan keunggulan
bersaing produk serta berdampak pada kinerja pemasaran.
Populasi penelitian ini adalah pemilik atau pengelola UKM Batik
sebanyak 477 responden. Data dikumpulkan dengan mengedarkan kuesioner
kepada responden. Sebanyak 400 kuesioner yang kembali. Jumlah sampel yang
valid adalah sebanyak 310 kuesioner. Data sekunder diperoleh dari Disperindag
Kabupaten Cirebon. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan
kuantitatif. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan
bantuan program AMOS versi 16.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kapabilitas inovasi lini produk
dapat berpengaruh langsung terhadap produk ikonik akulturatif. Produk ikonik
akulturatif dapat meningkatkan keunggulan bersaing produk dan kinerja
pemasaran. Temuan hasil penelitian lainnya adalah adaptabilitas selera pelanggan
tidak berpengaruh terhadap kapabilitas inovasi lini produk dan keunggulan
bersaing produk karena pembuatan batik banyak dilakukan berdasarkan ide dan
kemampuan pengusaha tanpa melihat kebutuhan pelanggan kecuali apabila ada
permintaan atau pesanan khusus.
Kontribusi teoritis penelitian ini adalah mampu menambah literatur teori
RBV, Interaksi Sosial dan MBV. Implikasi manajerial adalah peningkatan
keunggulan bersaing produk dan kinerja pemasaran dapat dilakukan dengan
meningkatkan daya tarik produk ikonik akulturatif.
Keywords : | Innovation Product line Capability, Acculturative Iconic Product, Competitive Advantage Product and Marketing Performance., Inovasi Lini produk, Produk Ikonik Akulturatif, Keunggulan Bersaing Produk dan Kinerja Pemasaran. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:00 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10796 |