ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN USAHA, DAN SUMBER DAYA INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bordir Kabupaten Kudus)

AYUNINGTYAS, Aulia Ardhian and MIYASTO, Miyasto and SUGIARTO, PH,SU.,(20 January 2018), ANALISIS ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, ADAPTABILITAS LINGKUNGAN USAHA, DAN SUMBER DAYA INTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bordir Kabupaten Kudus). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia UMKM mempunyai peran penting, karena mayoritas penduduk Indonesia hidup dari kegiatan UMKM baik pada sektor tradisional maupun modern.UMKM yang ada di Jawa Tengah juga terbilang cukup baik. Namun UMKM di Jawa Tengah juga mengalami peningkatan daya saing terutama dengan usaha sejenis. Oleh karena itu, pengusaha dituntut untuk dapat berinovasi dan berani mengeksplorasi sumber daya yang dimilikinya agar usahanya dapat terus berkembang dan bertahan ditengah persaingan. Pada penelitian ini penulis menjelaskan mengenai kondisi daya saing UMKM di Kabupaten Kudus yaitu usaha bordir yang dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan. Berdasarkan hasil kajian teoritis mengarahkan studi ini mengembangkan model dengan lima variabel penelitian yang meliputi orientasi kewirausahaan, adaptabilitas lingkungan usaha, sumber daya internal perusahaan, keunggulan bersaing, dan kinerja perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh secara positif terhadap keunggulan bersaing. Adaptabilitas lingkungan usaha berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Sumber daya internal perusahaan berpengaruh secara positif terhadap keunggulan bersaing. Orientasi kewirausahaan berpengaruh secara positif terhadap kinerja perusahaan. Sumber daya internal perusahaan berpengaruh secara positif terhadap kinerja perusahaan. Keunggulan bersaing berpengaruh secara positif terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : Orientation of entrepreneurship, Adaptability of Business Environment, Internal Resources of Company, Competitive Advantage, Company Performance., Orientasi kewirausahaan, Adaptabilitas Lingkungan Usaha, Sumber Daya Internal Perusahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:11
Last Modified: 13 Jun 2022 03:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item
View Item